Friday, March 21, 2014

Review Buku: Sang Pemimpi

Genre:Biographies & Memoirs
Author:Andrea Hirata

Bagian ini yang menyenangkan: selesai membaca satu buku, langsung menulis resensinya di sini.

Sang Pemimpi, menceritakan tentang persahabatan tiga orang remaja: Arai, Ikal, dan Jimbron. Mengisahkan juga tentang mimpi-mimpi mereka: melanjutkan sekolah ke Perancis, lalu berkelana keliling Eropa dan Afrika.
Impian yang luar biasa, mengingat betapa miskinnya kehidupan mereka, dan betapa besar pengorbanan yang harus mereka lakukan.
Mulai menjadi kuli ngambat (atau kuli panggul ikan), sampai mencari peruntungan ke Jakarta, tapi ternyata malah nyasar ke Bogor.

Diceritakan dengan lucu oleh si penulis, apalagi pada momen-momen kenakalan remaja mereka. Menonton bioskop ternyata adalah larangan terbesar bagi siswa-siswi Belitong (pada jamannya). Dikisahkan pula dengan mengharu biru sebuah jalinan persahabatan sejati antarmereka. Ada satu bagian dimana penulis dapat membuat pembacanya tertawa dan menangis berbarengan. Edan!

Dan diceritakan dengan menggebu-gebu saat para tokoh mencoba merealisasikan impian mereka, sampai menyulut diri sendiri untuk mempertanggungjawabkan mimpi yang terlanjur terangkai.
Pastinya buku ini dapat memberikan motivasi dalam bermimpi, serta pesannya: jangan pesimis untuk mewujudkan impian itu.

No comments:

Post a Comment