Friday, March 21, 2014

Review Buku: Laskar Pelangi

buku laskar pelangi
Genre:Biographies & Memoirs
Author:Andrea Hirata

Agak takut juga saat mau buat resensinya di sini. Soalnya sudah kebayang banyak orang yang sudah khatam tetralogi LP. Gue sendiri telat baca. Kemarin-kemarin sibuk bikin tesis, sampai nggak sempat baca buku populer ini.

Kalau gue tulis resensinya, ternyata ada salah-salah menterjemahkan atau mengeja nama-nama dan lokasi-lokasi dan momen-momen, dikhawatirkan resensi buku gue akan dicekal. Jadi, sebelumnya minta maaf dulu deh, maaf kalau ada salah sedikit, dan maaf kalau sangat terlambat.

Well, Buku ini berkisah tentang sembilan siswa dan dua siswi, yang mengecap pendidikan di sekolah Muhammadiyah, di Belitong.
Walau mereka miskin, dan tinggal di daerah kumuh, tapi bagi mereka pendidikan tetaplah nomor satu. Didukung oleh Bu Muslimah, seorang guru yang sangat sabar, dan menaruh kepercayaan kuat pada mereka dalam meraih prestasi-prestasi gemilang. Juga Sang Kepala Sekolah, Pak Harfan, yang selalu bijak dalam berkata-kata.
Prestasi yang mereka raih, lomba cerdas cermat dengan kemenangan mutlak, serta perayaan Agustusan yang spektakuler. Begitu juga dengan banyak petualangan yang lucu dan mendebarkan.
Hidup dalam kesulitan yang digambarkan si penulis, memberikan banyak pelajaran. Mulai dari memaknai pentingnya pendidikan, sampai belajar mengartikan hidup dengan lebih legowo.

No comments:

Post a Comment