Friday, March 21, 2014

Review Buku: Plain Truth - Kebenaran Sederhana

Plain Truth
Genre:Literature & Fiction
Author:Jodi Picoult

Buku ini menceritakan secara rinci tentang kehidupan masyarakat Amish, yang tinggal di kota kecil Paradise, Pennsylvania, Amerika Serikat. Dari mulai kesibukan sehari-hari, kesederhanaan mereka, cara beribadah, pakaian, pola makan, dan pengadilan ala Amish, yang jauh berbeda dengan masyarakat kota pada umumnya. Menambah sedikit wawasan tentang kehidupan mereka.

Lalu seorang pengacara pembela bernama Ellie Hathaway mendapat tugas untuk membela seorang kliennya, Katie Fisher, gadis Amish yang dituduh melakukan pembunuhan tingkat satu terhadap bayinya sendiri.

Cerita berkembang saat Ellie diharuskan hidup di rumah pertanian Amish, dan mencoba untuk beradaptasi dengan mereka. Ellie mendapati begitu banyaknya dilema dalam menghadapi kliennya itu. Mulai dari pengakuan Katie bahwa dia tidak membunuh bayinya, sampai dengan aturan Ordnung, semacam aturan gereja setempat, tentang pengakuan kesalahan, pengisolasian, serta penerimaan kembali sebagai Amish. Plus penemuan bukti-bukti yang sangat menyudutkan kliennya.

Semua usaha dikerahkan oleh Ellie, dengan segala intrik di ruang sidang; antara pembela dan jaksa penuntut umum, hakim, para juri, dan para saksi. Asumsi dan spekulasi bagaikan benang kusut, bertebaran di banyak babnya. Menegangkan, namun mengasyikkan.

Fokus cerita bukan hanya pada dunia hukum dan pengadilan, banyak pesan moral yang ingin disampaikan Jodi Picoult dalam bukunya, yakni tentang hangatnya cinta dan kasih sayang antarsesama anggota keluarga, serta kebersamaan dalam satu komunitas lebih penting daripada pemikiran egosentris.

Alur ceritanya rapi, dialog-dialognya cerdas, dan di akhir cerita (betul-betul di baris akhir dari novel ini) kita mendapati satu kebenaran yang sederhana (sesuai dengan judulnya) yang mengungkapkan misteri pembunuhan bayi Katie Fisher.

No comments:

Post a Comment