Friday, August 15, 2014

Testimoni Perawatan Wajah Erha Clinic (Cipinang, Jakarta)

Sudah sering kepikiran mau ke Erha Clinic. Cuma nggak pede gitu. Pertama nggak pede sama dompetnya, kedua ada desas-desus tentang dampak negatif perawatan wajah di erha, misalnya nanti jadi adiktif, kalo nggak kontinu kulit muka jadi tipis, lebih kusam, dan macam-macam yang bikin tambah malas.

Namun, setelah lebaran, dan sebelum masuk kantor lagi, gue memutuskan untuk memberanikan diri ke sana, sekalian ngajak Sabrina jalan-jalan ke tempat baru. Tujuan kita ke Erha Clinic Cipinang, Jakarta karena lebih dekat dengan rumah di Duren Sawit.

Alamat Erha Clinic Cipinang

Waktu itu hari Senin 4 Agustus 2014 (kantor gue mulai masuk Selasa-nya), jadi nggak terlalu rame. Cuma ada beberapa pengunjung yang datang. Ruang tunggunya lumayan nyaman. Gue nyuapinin Sabrina dulu, bawa bekal nasi dan minum dari rumah, kebayangnya takut lama nunggu antrian.

Begitu sampai dan nanya-nanya ke bagian informasi, langsung disuruh isi form member baru. Pelayanan front office-nya ramah sekali. Penuh dengan senyum, dan suaranya lembut.

Nggak begitu lama, nama gue dipanggil, dan bertemu dengan Dr. Novrina Heragandhi, SpKK. Sebelum ke Erha, sempet googling, dan baca-baca testimoni kawan-kawan, banyak dari mereka merekomendasikan beberapa nama dokter Erha, cuma nggak ingat.

Jadwal Praktik Dr. Novrina di Erha Clinic Cipinang
Jadwal Praktik Dr. Novrina di Erha Clinic Cipinang

Dan berhubung, hari itu jadwalnya cuma ada Dr. Novrina, ya sudahlah langsung gue curhat, soal adanya flek hitam kecil di pinggir hidung dekat mata. Yang kalau dilihat sekilas, seperti bekas pijakan kacamata, padahal gue bukan pemakai kacamata.

Dulu, flek ini kecil, ada satu titik saja, tapi sekarang menyebar bertitik-titik di sekitar situ. Pernah juga ke klinik spesialis kulit Dr. Titi di kelapa gading (bukan Erha). Dia menyarankan untuk terapi masker berlian. Sekali maskeran harganya 2 juta. Dan ini butuh 5 sampai 6 kali. "Jadi nanti digosok sama butiran halusnya, agak perih di bagian situ, jadi kayak ditipisin kulitnya," jelas Dr. Titi. Badan gue langsung linu-linu dengar penjelasannya. Akhirnya gue cuma minta krim-krim pemutih kulit.

Nah, menurut keterangan Dr. Novrina, ini bukan flek hitam. Karena warnanya membiru. Dia mengidentifikasi sebagai tanda lahir yang muncul setelah dewasa. Kemudian dia memberikan surat pengantar untuk dilakukan tindakan laser pigmen, yang nggak gue lakukan, karena gue ngeri. Belum paham dampaknya, soalnya ini flek deket mata kanan, takut ada efek ke jaringan mata.

Kulit wajah gue cenderung tidak bermasalah, jerawat dan komedo ada, tapi nggak banyak. Jadi produk yang ditebus di apotek juga sedikit. Cuma ada 4 macam:
  1. Sabun wajah: Erha 1 - Facial Wash for Normal to Dry Skin 60ml
  2. Krim malam: Corrective Cream 25 (CC25) 10g
  3. Krim pagi: Acne Foundation 2 (AF2) 15g
  4. Krim Acne Moisturizer Gel 3 (AMG3) 15g, yang pemakaiannya untuk pagi dan malam.
Produk Erha Clinic
Produk Erha Clinic

Total biaya yang gue keluarkan sebesar: Rp.426.000,-. Dengan rincian sebagai berikut:
  • Biaya member baru: Rp.10.000,-
  • Biaya konsultasi dokter: Rp.160.000,-
  • Harga Erha 1: Rp.62.000,-
  • Harga CC25: Rp.63.000,-
  • Harga AF2: Rp.78.000,-
  • Harga AMG3: Rp.53.000,-

Setelah hampir dua minggu memakai produk Erha, kata temen kantor muka gue terlihat lebih terawat, dan berminyak. Biasanya kering kusam. Apalagi bagian hidung, kasar berkomedo. Mudah-mudahan bisa langgeng nih perawatan wajah di Erha Clinic, maklum sudah menginjak usia kepala 3, harus lebih peduli sama kesehatan kulit wajah.

***

FYI: biaya laser pigmen untuk flek di hidung, dengan area sebesar kuku, berkisar antara Rp.600.000,- sampai Rp.750.000,- (butuh 5 sampai 6 kali terapi).
Dan, untuk "dampak negatif" yang sempat gue singgung di awal posting, sebelum ke erha, mending baca ini dulu: http://www.erha.co.id/faq


Baca juga kelanjutan perawatan wajah Erha Clinic di bulan kedua: klik di sini, dan bulan ketiga: perawatan wajah bulan ketiga.
Baca juga review produk pencerah wajah dari Erha Clinic. 

118 comments:

  1. Replies
    1. belum pernah facial di Erha, jadi belum tau harganya.

      Delete
    2. Klo skrg masih ngikutin ga mbak?

      Delete
    3. Aku kemarin bulan juli kena 495rb mbak..tapi glowing bgt..hehhee

      Delete
    4. iya sama ya, memang sekitar segitu biayanya ^_^

      Delete
    5. Harga facialnya sekitar 400an dulu saya facial

      Delete
  2. Haloo, untuk facial di ERHA aku kena 250 biasanya hhhe, mo share aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo britan putri, makasih share-nya ya.
      Lumayan standar harganya, kapan-kapan pengen coba juga facial di Erha aah... ^_^

      Delete
    2. britan putri di erha mana ya?

      aku pengen nyobain facial di daerah bintaro, kira2 berapa ya? ada yg pernah?

      Delete
  3. kalau bekas jerawat bolong bolong gitu bisa mulus lagi ga ya klo ke Erha ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahuku di Erha itu ada treatment dermaroller, kisaran harganya 5juta sampai 7juta. Tapi untuk lebih pastinya konsul ke dokternya dulu aja, siapa tau ada alternatif treatment lain.

      Delete
    2. Klo utk menghilangkan flek-flek di wajah di ercha brp harganya mba?

      Delete
    3. Klo utk menghilangkan flek-flek di wajah di ercha brp harganya mba?

      Delete
    4. Kalau flek gak terlalu banyak dan cukup pakai krim2 saja, siapin aja 500rb sampai 700rb (mengingat sekarang 2017, inflasi)

      Kalo agak banyak dan mau dilaser, bisa lebih dari 700rb. Semoga membantu ya ^_^

      Delete
  4. kalau untuk perawatan rambut rontok berapa ya mbak biayanya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. konsul perawatan rambut sekitar Rp;.125.000
      trus produk yang diresepkan biasanya: Shampoo, Scalp Gel, & Tonik. Kalo perlu ditambah obat minum, sama Laser Hene (sekali laser Rp.200.000). Semoga membantu :D

      Delete
    2. Saya pernh kena hampir 1 juta buat perawatan rambut ... paling mhal di serum

      Delete
    3. Thanks for share ya Rizky Rik ^_^

      Delete
  5. Kalau untuk wajah berjerawat mesti nyiapin brp nih mbk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk biaya konsultasi dan obat-obatan saja (krim pagi & malam), 500ribu sampai 600ribu cukup.
      tapi untuk terapi tambahan misalnya facial, dermaroller, etc, musti siapin duit lebih.

      Delete
  6. Kalau buat hilanggin bekas jerawat, berapa biayany?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung kondisinya mba, kalo cuma bekas-bekas jerawat yang menghitam, dan jerawatnya nggak terlalu banyak, kurang lebih 500rb (biaya konsultasi + krim). Kalo jerawatnya banyak sekali, ada tambahan obat minum.
      Tapi kalo bekas jerawatnya bolong-bolong, bisa terapi dermaroller, biayanya sampai jutaan.

      Delete
  7. mba mau nanya, kalau berjerawat facial itu disuruh dokter atau terserah kita? kalau disuruh facial harus kita ikutin atau engga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya kalo jerawat lumayan parah, ada treatment facial-nya, dan kayaknya harus ikut. Tapi kalo jerawatnya sedang, terserah kita. Mau facial boleh, nggak facial juga gapapa.

      Delete
    2. Kalo untuk perawatan muka kusam n berkomedo kira" brpa ya mba biayanya??

      Delete
    3. Kalo untuk perawatan muka kusam n berkomedo kira" brpa ya mba biayanya??

      Delete
    4. siapin aja 500rb sampai 600rb. biayanya sekitar segitu sih mba ryea :)

      Delete
  8. Mbak, dokter novrina gimana orangnya? Enak gak? Terkesan terburu buru atau tidak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurutku, Dokter Novrina lumayan enak, nggak terburu-buru seperti Dokter Sandy.
      Pertama kali ketemu dia, wajah kita dicek sambil berbaring, trus disorot lampu super terang, kebayangnya kelihatan deh tuh jerawat-jerawat, atau komedo, atau flek wajah yang kecil-kecil. Jadi, dia bisa nilai "tingkat keparahan" penuaan wajah kita.

      Delete
    2. Trus kalau dibanding sama dokter qatrah gimana mba? Trus dokternya komunikatifkah? Soalnya ntar akunya malah jadi segan mba buat nanya nanya. Hehe

      Delete
    3. sebetulnya semua dokter di erha enak kok untuk diajak komunikasi. Kayaknya memang pilihan dokter-dokter supel yang kerja di situ,

      kalo dokter qatrah meresepkan yang sesuai profil pasien. misalkan kayak aku, pasien agak males pakai krim malam, cuma diresepkan 1 krim malam, yang manfaatnya macam-macam.

      kalo dokter novrina lebih memperhatikan kebutuhan, waktu itu aku konsul sama beliau, keadaan wajahku masih kusam, berjerawat, berkomedo, jadi diresepkan dua krim malam, yang pemakaiannya ribeeet banget. ujung-ujungnya tambah males, kadang pake, kadang nggak.

      Delete
    4. Whoo, gitu ternyata. Hahan okedeh. Thanks ya mba atas penjelasannya, berasa dapet pencerahan loh ini.

      Delete
    5. iya sama-sama, semoga membantu ^_^

      Delete
  9. Mbak mau tanya, krim dan obatnya itu bsa habis dalam brpa bulan? Trus konsul dokternya itu harus tiap bulan tah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya aku konsul kalo krim-nya udah pada habis.
      Kadang habisnya bisa 2 bulan atau 3 bulan. Dalam setahun aku pakai produk Erha, baru 4 kali konsul.. hehehe.

      Delete
  10. Kak, aku udah pke seminggu ake ERHA kok muka aku jadi memerah ya terus mengelupas diarea bwah hidung dan dagu
    Aman nggk kak.
    Minta pendapatnya dunk

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo menurutku wajar & aman-aman saja kok.

      soalnya ada penjelasan di http://www.erha.co.id/faq, tentang kulit mengelupas & merah pada sebagian orang, sedangkan sebagian orang lain nggak ada efek seperti itu, jadi tergantung sama jenis kulitnya.

      FYI, kulit yang mengelupas itu adalah kulit mati, yang memang harus dibuang, supaya kulit bergenerasi dan menghasilkan kulit baru yang lebih sehat.
      & kulit memerah, itu disebabkan pembentukan pembuluh darah baru.

      untuk lebih jelasnya buka link-nya aja: http://www.erha.co.id/faq

      Semoga membantu ^_^

      Delete
    2. Kak, kalo peeling di erha bagus ga ya? Cenderung muka ku komedonal dan agak kusam

      Delete
    3. Maaf sebelumnya, setau saya kalau muka memerah itu dikarenakan pembuluh darahnya melebar, saya tdk tau pasti efek jgka panjangnya jika pembuluh darah dlm kndisi seperti itu. Mungkin bisa ditambhkan referensi lain selain dr web erha..jadi informasinya gak sepihak. Trmksh.

      Delete
  11. Kulit aku normal gk jerawat dan gak flek
    Klo cma ingin memutihkan aja kira2 kena brpa ya say?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini perkiraanku ya,

      Biaya Member Baru: Rp.10.000
      Biaya Konsul = Rp.160.000
      Krim Pemutih, misalnya Truwhite Activator Day Cream: Rp.189.500 (ini krim pagi)
      Lalu, nanti ada krim malamnya juga, misalnya Krim CC50 = Rp.69.500
      Jadi Totalnya kurang lebih: Rp.429.000

      itu blum termasuk Sabun Wajah, Face Tonik, Serum, & Foundation Cream.

      Semoga membantu :)

      Delete
  12. Mbakk kalo misalnya resepny yg diambil krim nya aja boleh gak ya? soalny sabun muka sm pembersih uda pk produk lain.. Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya boleh mbak, aku juga biasanya nggak tebus sabunnya. cuma krim siang & malam.

      Delete
  13. Mba , saya kan baru 3 hari pake krim erha apakah efek sampingnya gatal2? Soalnya muka ku udah merah tambah gatal2 banget .Nggak pede banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo kulit kemerahan, wajar mba.
      tapi kalo gatal-gatal, mending ditanyakan langsung ke dokternya.

      Delete
  14. Sist minta rekomend dnk aku baru banget pakai erha niatny sh pingin ilangin komedo2 di hidung,cuma ko creamnya setelah 1 minggu ini gk ad reaksi apa2 mohon pencerahan maklum newbie sist?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang hasilnya nggak instan, Aku sampe dua mingguan kurang lebih, baru berasa mulus hidungnya.
      Bertahan aja dulu sebulan, mba. Next ketemu dokternya, bisa konsultasi lagi, mungkin minta resep krim yang lebih kuat, atau sejenisnya.

      Delete
  15. Mbak saya mau nanya kalo laser co2 itu harganya berapa ya? Mau nyoba takut mahal hehe... trs sakit gak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jujur aku belum pernah coba laser CO2, jadi nggak tau rasa sakit atau perihnya.
      Soal harga, range harganya dari 800ribu sampai 3 jutaan, mungkin tergantung tingkat keparahan ya.
      Semoga membantu :)

      Delete
  16. Mbak..ini kalo krimny habis kalau mau beli harus konsul ke dokternya? Atau bisa langsung ke bgian farmasinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus konsul lagi ke dokter, kecuali sebelumnya dokter sudah meresepkan krim untuk dua kali atau tiga kali tebus.
      Kalo begitu, bisa langsung tebus ke apotek-nya.

      Delete
  17. mba , wajahku banyak flek hitam dan sedikit komedo mungkin karena pelembab yang aku pakai kurang cocok . kalau menghilangkan flek hitam dan komedo kisaran biayanya brp ya mba d erha? mohon info ya mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo komedo & jerawat yang nggak terlalu parah, kurang lebih biayanya 500 ribuan sekali konsul + cream.
      Kalau untuk Flek hitam, dilaser mba. nah, biayanya tergantung dari banyaknya flek. waktu itu aku pernah nanya ke Erha, untuk flek sebesar area kuku kelingking (itu nggak terlalu banyak ya), kurang lebih sekali laser 700 ribuan. jadi anggap aja minimal sekitar segitu. semoga membantu :)

      Delete
  18. Mau tanya kalau untuk peeling tangan dan kaki habis berapa ya kira2

    ReplyDelete
  19. waduh.. jadi pengen nyoba nih produknya. berapa harganya mbak ?
    http://jamu-asam-urat.blogspot.com

    ReplyDelete
  20. gimana ya buat kulit yg berjerawat parah Dan Sudah hapir 3thn tidak bisa ilang..walaupun sudah berobat dimna pun tetap jerawat Ku tidk ilang

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo di erha, yang jerawatnya parah gitu, selain krim-krim (pagi - malam), juga diresepkan obat minum. Dan itu hilangnya bisa tahunan (jerawat dan bekas jerawat). Kecuali mau perawatan laser, peeling, dll, mungkin bisa lebih cepat hilang.

      aku pernah baca blog salah satu pasien Erha, dia jerawat parah juga, di blog-nya lengkap ada foto before after, dan itu sampai mulus kulit wajahnya

      coba baca-baca deh: http://the222782madamniya.blogspot.co.id/2012/09/dermatolog-erha-clinic.html

      Delete
  21. kak, kalo cuma buat wajah kusam sama jerawat dikit kira-kira pertama konsul harus siap uang berapa ya?

    ReplyDelete
  22. Kak aku mau tanya, aku kan ada masalah jerawat di jidat agak gede2 gitu dan agak banyak. Itu kira2 harus siapin uang berapa ya? Aku takut ga cukup
    Tolong bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk konsultasinya Rp.160.000
      Biaya member baru Rp.10.000
      Nah, untuk pengobatan kan tergantung dokternya ya, kalo jerawat kecil, komedo, kusam, kurang lebih 500ribuan-lah.

      Kalo jerawat-jerawat besar dan parah, kayaknya musti nyiapin uang lebih, siapa tau perlu terapi tambahan. Semoga membantu ya :)

      Delete
  23. Mba mau nanya, untuk spesifik lokasi erha cipinang deket mana yah mba? aku mau konsul dan pengobatan jerawat dan estimasi biayanya brp yah mba? terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. masuk ke perumahan Cipinang Indah. Dari gerbang utama yang deket BKT, lurus aja, nanti ada jalan belok kanan, trus lurus lagi ikutin jalan.
      Posisi Erha Clinic sebelah kanan jalan, lumayan besar, pasti kelihatan. Parkiran juga luas.

      Delete
  24. Assalamuallaikum Ladieess..

    SALAM SEHAT & CANTIK...
    Mau Cantik beneran..??? Bukan Cantik hanya di HP (pakai Camera 360)hehehe
    Yuuukkk perawatan wajah di Adelia Salon Kecantikan.

    Dijamin hasil puas dan wajah lebih KINCLONG

    BISA DIPANGGIL KE RUMAH (KHUSUS JABODETABEK)

    Melayani :

    *Facial Acne
    *Facial Collagen
    *Facial Whitening
    *Facial Vitamin C
    *Facial Penuan Dini
    *Facial Gold
    *Suntik Vitamin C
    *Suntik Putih
    *Bleaching
    *MeniPedi
    *Lulur
    *Hair Mask
    *Hair Spa
    *Creambath
    *Waxing
    *Totok Wajah
    *Ratus Vagina
    *ETC

    More Information :

    Adelia Ibrahim
    Phone : 0819 0873 0041
    Pin BB : 581BE33D
    Web : www.salonkecantikanpanggilan.wordpress.com

    ReplyDelete
  25. Mba mau tanya kalo kulit kita kelupas2 terus kenceng jadinya iritasi itu konsul di erha berapa yaa ??

    ReplyDelete
  26. Mau cerita ya mba, aku baru dokter kulit Sp.KK (dosen fkui), bangunan praktek nya sih biasa dan sepersepuluh erha juga gak ada wkwkwk, dan pegawainya juga gak sebening erha(malah mukanya jelek menurut aku) . Aku udah lama lewat-lewat situ dan merhatiin kok rame ya (tapi gak rame banget) . Tadi aku mampir mau konsultasi bekas jamur yg menghitam dan wajah . Dokter nya baik,ramah dan mantap kok. Konsul nya 150K wajar dan murah banget untuk sepinter beliau . Saya udah browsig track record beliau .

    pas nebus obat di farmasinya aje gilee 270ribu,aku cuma dapat krim ukuran kecil satu untuk bekas jamur dan wajah wkwkwk . Setelah baca blog Mba ternyat biaya krim saya itu mahal pisan euy . Salah saya juga sih,kenapa kertas resep nya gak saya ambil aja. Gak usah saya beli disitu . setelah keluar saya nelpon kakak saya yg dokter umum sambil ngedumell. Terus kakak saya habis ngetawaiin saya, dan bilang "klo gak percaya sama resep gue , mending lo ke erha deh dek . yaudah nanti klo kontrol gak usah beli resepnya ."

    semoga deh krimnya manjur biar worth it hehe

    ReplyDelete
  27. Mba kalo hanya mau putih saja kira kira berapa ya?

    ReplyDelete
  28. Tanya dong sist, untuk sabun muka 21 berapaan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. harganya 60 ribuan (lupa)
      kalo misalkan udah naik, paling 70 ribuan sekarang.

      Delete
  29. sist ini lokasi erha cipinang di sebelah mana ya? kalo saya dari arah LP cipinang

    ReplyDelete
    Replies
    1. lumayan jauh dari LP Cipinang. Mba Latifah musti ke daerah perumahan Cipinang Indah dulu.

      dari LP Cipinang, lewat jl. cipinang jaya, trus ke jl basuki rahmat. Pintu masuk Perumahan Cipinang Indah ada di pinggir BKT.

      Delete
    2. sis... apa sekarang masih pake perawatan dr erha? gimn kondisi kulitnya skrng?

      Delete
    3. Sekarang lagi nggak pake, soalnya lagi hamil. Takut ada efek dari pemakaian krim ke bayi. Belum tanya-tanya ke dokter erha, boleh apa nggaknya... Dan kondisi wajah sekarang nggak terlalu bermasalah. Karena dari awal sebelum pake erha, memang nggak jerawatan parah.
      Cuma agak kusam, entah pengaruh hormon kehamilan? Entah karena absen ke erha nih :D

      Delete
  30. aku juga klo konsul sama dr.novria,udh 4 kali konsul,dan klo menurut aku erha itu ketergantungan ini aku udh gak konsul sebulan muka aku malah jd jerawatan dan warna kulit jd belang gak karuan :(

    ReplyDelete
  31. aku juga klo konsul sama dr.novria,udh 4 kali konsul,dan klo menurut aku erha itu ketergantungan ini aku udh gak konsul sebulan muka aku malah jd jerawatan dan warna kulit jd belang gak karuan :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. ooh gitu ya, trus bagaimana mba kelanjutannya?
      tetap ke erha? atau distop pemakaiannya?

      Delete
  32. Wah ke dr Novrina.. favorit ama beliau..aku jg pasien nya di erha kelapa gading..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya dr novrina baik ya, nggak buru-buru kalo konsul ^_^

      Delete
    2. Sist...ada yg pernah pake AST totol jerawat ?? Nah..galo nih dr kemaren. Biasanya sih selama ini pake AST aman2 aja bisa ngempesin jerawat cepet..top bgt deh pokoknya.nah kmrn nih aku totol lg ke jerawat yg belom gede2 bgt. Tp kok jd merah2 gosong yaa... gimana ya gt itu?

      Delete
    3. belum pernah pake AST. jadi belum tahu nih..
      coba aja tanya ke Erha sis novi.

      Delete
    4. Sama, aku juga jadi gosong gitu kulitnya

      Delete
  33. Klo untuk memutihkan wajah kira2 brp yah ?

    ReplyDelete
  34. Menghilangkan bekas luke yang menghitam di lutut ada nggak ya di Erha? Dan kira-kira biaya-nya berapa ya? Makasih. :))

    ReplyDelete
  35. Menghilangkan bekas luke yang menghitam di lutut ada nggak ya di Erha? Dan kira-kira biaya-nya berapa ya? Makasih. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada.. pengalaman gw dikasih BM50..dioles tiap malam

      Delete
  36. Mbak kalo untuk menghilangkan stretchmark dengan laser, di erha berapa ya biayanya? Mungkin ada yg bisa kasih informasi juga.

    ReplyDelete
  37. Mau nanya sista, aku pake erha uda lbh krg 6bln, untuk muka jerawat mmg hasilnga uda mendingan tp api akhir2 ini baru aku sadar tiba muncul flek hitam, apa setelah pake krim nya tidak boleh kena sinar matahari?

    ReplyDelete
  38. Mau nanya sista, aku pake erha uda lbh krg 6bln, untuk muka jerawat mmg hasilnga uda mendingan tp api akhir2 ini baru aku sadar tiba muncul flek hitam, apa setelah pake krim nya tidak boleh kena sinar matahari?

    ReplyDelete
  39. Carren : dibawa konsul lagi aja

    ReplyDelete
  40. Kak mau nanya di erha bisa facial tanpa harus konsultasi dokter dan beli paketan treatment nya ga ya? Rencananya cuma mau facial doang

    ReplyDelete
  41. amg3 sm cc25 mana dluan yg di pakek sih?

    ReplyDelete
  42. mba kalau buat wajah kusam sama ada kantong mata kira2 berapaan ya

    ReplyDelete
  43. Mba mau tanya dong, untuk muka yg flek hitam ada obatnya gak? Dlu pernah pake cream yg lain tpi efeknya skrg jd item

    ReplyDelete
  44. Mba mau tanya dong, untuk muka yg flek hitam ada obatnya gak? Dlu pernah pake cream yg lain tpi efeknya skrg jd item

    ReplyDelete
  45. Mbak d klinik ErHa klo ngecilin pori pori bisa ga? Tp sy jg pengen memutihkan..

    ReplyDelete
  46. Mbak d klinik ErHa klo ngecilin pori pori bisa ga? Tp sy jg pengen memutihkan..

    ReplyDelete
  47. mau tanya mba,,
    kulit saya berminyak dan ada bekas jerawat hitam kecil dan kulit wajah saya putih tp klo menurut saya kusam,,
    itu kira2 di kenakan biaya berapa yya, dan apakah bisa kadar minyak di wajah saya berkurang,,,
    karena teman saya pernah pakai produk erha kulitnya yg tadinya kering sekarang berminyak, dan sekarang malah berjerawat,,,
    saya tdinya mau ikut konsul ke ERHA tapi karena teman saya seperti itu jadinya saya takut dan ragu,,,

    ReplyDelete
  48. hy mksh bgt review nya.
    jngn lupa mampir ya http://kontraktorpartisipameran1.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Fairus...masih ama dr.novrina? Soalnya di gading udah gak ada nih..huhuhuhu

      Delete
    2. Nggak mesti sama dokter novrina. Sama dokter yang lain juga gapapa kalo saya, yang pas ada jadwal prakteknya aja hehhee... :D

      Delete
  49. Kak mau tanya. Untuk kulit ber komedo, kusam, berminyak itu kira2 brp ya biayanya?
    Ohya mau tanya lagi, kan saat kita konsul itu nanti dikasih resep ya, boleh gaa resepnya itu ga kita beli semua? Jadi sesuai kantong dan kemauan kita gitu

    ReplyDelete
  50. Kak mau tanya. Untuk kulit ber komedo, kusam, berminyak itu kira2 brp ya biayanya?
    Ohya mau tanya lagi, kan saat kita konsul itu nanti dikasih resep ya, boleh gaa resepnya itu ga kita beli semua? Jadi sesuai kantong dan kemauan kita gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kulit berkomedo, kusam dan berminyak, paling 500ribuan mba ayu. Sama kayak saya permasalahannya.
      Dan kalo mau tebus resep sebagian juga boleh. Saya seringnya nggak tebus sabun dan perlengkapan peeling atau masker yang buat di rumah.
      Jadi cuma tebus krim doank.

      Delete
  51. Mbak kalo misal aku pengen ngencangin kulit trus biar keliatan seger fresh gtu brp ya perawatannya,saya umur 24 tp kulit saya kaya ngga kenyal gtu, pengennya sih kaya kenyal gtu, sm bekas jerawat yg kaya flek gtu ,kira"ampe berapa ya mbak? Trs apa pasti tiap cream abis sampai mbesok biaya nya sama aja? Misal pertama konsul sejuta, kalo balik lg pasti segitu lgi apa tergantung kemajuan kondisi kulit?? Trs itu pasti abis 1,5bln - 2 bln cream nya??? Tlog infonya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo saya pakai krim-krim saja juga terlihat bersih, kenyal, lebih cerah. Tapi kalau pakai krim ya memang agak lama prosesnya, sebulanan deh kurang lebih mulai kelihatan hasilnya.
      kalo untuk harga, tergantung, kadang krim baru lebih murah atau lebih mahal. tergantung.
      krim-krim bisa pakai sampai 2 bulan kok, pemakaian normal.

      Delete
  52. kalo khusus ilangin komedo kira kira brpa harganya kakk

    ReplyDelete
  53. kalo khusus ilangin komedo kira kira brpa harganya kakk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekitar 400rb sampai 500rb mba farah. kalo mau ke erha siapin biaya segitu aja :)

      Delete
  54. Mba mw tanya kira2 untuk kulit yg berjerawat banyak hasilnya keliatan brp lama ya ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. perkiraan dua sampai tiga minggu mba inon.
      sudah lumayan bersih tuh

      Delete
  55. Di erha ada cream glowingnya gak
    Dn brp hrg nya

    ReplyDelete
  56. Kak kalau mau ngilangin komedo dan nyerahin wajah berapa ya kak kira-kira

    ReplyDelete
  57. Hai kak, aku juga mau share deh. baru sebulan pemakaian erha dengan konsul dokter dulu tapi bukan dokter SPKK, karena aku erha cabang di mall. awalnya wajah ku beruntusan parah seluruh muka, kata dokternya aku alergi kosmestik. dikasihlah obat minum doxy+ dan satu lagi aku lupa namanya. dan dikasih krim2 pagi dua dan malem satu dengan obat kocok totol. pemakaian seminggu muka ku ngelupas kering tapi beruntusan tetap ada dan makin hari muncul satu per satu jerawat besar2 dan bernanah. aku balik lagi komplain ke dokternya, katanya ini aku infeksi dan meradang. dikasih obat minum lagi metcore namanya, terus di suruh beli krim tambahan yg pakainya di mix dengan krim malam. sudah habis 2 jt aku selama seminggu ini. dan pemakaian berlangsung disertai BLT (blue lght therapy) selama sebulan dan tidak ada perubahan pada beruntusan ku yang ada hanya makin parah jerawatan paraaaah banget!!! awalnya aku mau stop pemakaian, tapi kata ibu ku komplain aja ke erha pusat dengan dokter SPKK langsung, dan yg kami dapat disana data atau history dari cabang memang tidak ada, jadi kami harus dari ulang lagi konsultasinya. dengan disertai pembelian krim2 obat baru yang sudah habis 1 jt. total sudah habis 3jt dalam sebulan DI ERHA YANG TIDAK ADA HASILNYA!! aku bingung harus balik lagi ke dokternya atau stop langsung pemakaian ya kak? awalnya balik kedua kesana karena mau minta pertanggung jawaban dari ERHA, eh yg ada aku di porotin suruh beli lagi krim2 disana. alhasil krim pertama yg aku beli di erha cabang tidak terpakai. sampai saat ini aku sedih lihat wajah ku. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mending langsung dateng ketemu dokter SPKK.

      Ada temenku juga pernah parah begitu, tapi dia gara-gara pakai krim racikan dokter abal-abal, beli di instagram.

      Lalu, pas ke Erha Clinic, sama dokternya nggak dikasih obat atau krim, tapi disuruh pulang dulu, detoks sendiri di rumah, minum banyak air putih. Disuruh balik lagi ke Erha setelah sebulan kemudian, kondisi jerawatnya sudah mendingan. Baru diberi resep krim dan obat.

      Soalnya kalo lagi parah, trus ditambahin krim lagi, malah jadi semakin parah kan :(

      Semoga cepat sembuh ya mba sera, makasih sharingnya :)

      Delete