Monday, June 16, 2014

Makanan dan Suplemen untuk Booster / Pelancar ASI

Holla..!

Dulu, sekitar dua tahun lalu, sejak Sabrina baru lahir, gue mulai rajin memerah buat persediaan ASIP. Tiap dua jam sekali pasti pumping selama 20 hingga 30 menit. Hasilnya paling gue dapet 60-80ml, pengennya sih sekali pumping dapat sejuta liter. Trus nyimpennya nggak di botol-botol ASIP kecil dari St. Carolus, melainkan dengan galon-galon air mineral.

Mengingat betapa sedikitnya ASI yang keluar dari kedua PD, encrit-encrit gitu. Akhirnya gue berinisiatif untuk hunting sebanyak-banyaknya sumber booster ASI. Biasanya dari milis asi for baby, atau di forum female daily kategori breastfeeding. Banyak tuh ibu-ibu yang senasib sepenanggungan sama gue, ASI-nya sedikit. 

Waktu hunting itu mirip parpol lagi kampanye, ambisius dan menggebu-gebu. Pas ada seorang mommy yang bilang ASI-nya lancar pakai susu merk A yang dia beli di indomaret, langsung sore itu juga sepulang kerja, gue mampir ke indomaret buat beli susu yang sama. Bukan ke Alfamart atau mart lainnya.

Kemudian besoknya, mommy yang lain minum susu merk B, gue beli juga. Sampai akhirnya segala merk susu ibu menyusui udah gue coba. Belum cukup sampai di situ, gue juga nambah konsumsi tape ketan hijau sari daun katuk, beli online, order sekaligus sampe dua toples.

Pas dengar sepupu konsumsi pil moloco dari dokter, trus ASI-nya jadi banyak, gue pun ikutan minum moloco, padahal waktu itu masih pakai asifit (suplemen ASI dari dokter yang berbeda). Jadilah gue minum dua pil suplemen berbarengan, dan nggak ngerti apa dampak negatifnya buat tubuh. Mudah-mudahan nggak ada.

Lucu juga kalo inget saat-saat itu. Ternyata untuk menghasilkan ASI yang melimpah butuh perjuangan ekstra keras. Buat busui-busui yang ASI-nya dikit, jangan putus asa dan cepat menyerah. Baca-baca artikel, tanya-tanya ke dokter pro ASI, mungkin posisi latch on bayi ke PD kurang benar, atau bisa juga bayi ada kelainan tongue tie, hingga perlu digunting lidahnya oleh dokter.

Berikut akan gue sharing sedikit booster-booster ASI yang pernah dicoba sendiri, atau hasil sharing bunda-bunda di milis. Semoga bermanfaat.

Jenis-jenis Suplemen Pelancar ASI, biasanya dari dokter (atau bawaan pulang setelah lahiran):
  • Asifit
  • Moloco
  • Milmor
  • Lactafar
  • Lactamam



Suplemen Pelancar ASI
Suplemen Pelancar ASI: Asifit, Moloco, Milmor,
Lactafar, & Lactamam


Aneka minuman (teh atau susu) yang katanya juga berkhasiat sebagai pelancar ASI:
  • Air Putih (3 X lipat dari biasanya, sekitar 5 s/d 6 liter sehari)
  • Susu Mama Soya
  • EMAB (Earth Mama Angel Baby) Milkmaid Tea
  • Melilea Soya Drink
  • Sacred Tea
  • Yogurt
  • Jus Pare (kalo nggak tahan menelannya, coba di-mix dengan nanas atau melon).

Aneka minuman (teh atau susu) pelancar ASI
Aneka minuman (teh atau susu) pelancar ASI:
Mama Soya, Melilea Soya Milk, EMAB Tea, Sacred Tea


Macam-macam makanan booster ASI yang cukup populer:
  1. Daun Katuk, atau sayuran hijau lain, seperti: Bayam, Kangkung, Daun Pepaya, Daun Singkong, Daun Bangun-Bangun, Buncis, Kacang Panjang, Brokoli, dll
  2. Melon, Pepaya, Semangka, dan buah lainnya dengan kadar air tinggi.
  3. Pepaya Mengkal juga disebut-sebut sebagai pelancar ASI.
  4. Kacang-kacangan: Kacang tanah, kacang hijau, kacang mete, dll.
  5. Outmeal / Havermout
  6. Madu
  7. Korma
  8. Fenugreek (ada yang dari Hulbah atau GNC) merupakan tanaman herbal dari jenis polong-polongan, yang memang berkhasiat untuk menstimulus kelenjar PD agar menghasilkan ASI lebih banyak, katanya sih hingga 900%, Wew! Jujur gue belum pernah nyoba fenugreek, nanti deh insyaAllah anak kedua konsumsi ini.
  9. Habatusaudah / jintan hitam (ada yang berbentuk pil, atau minyak, atau buat sendiri aja: jintan hitam dihaluskan dan campur dengan madu, stok yang banyak, tiap hari tenggak 2-3 sendok makan)
  10. Tape ketan hijau sari daun katuk (beli online), mungkin karena ragi yang panas ditambah sari daun katuk, jadinya lumayan berpengaruh buat gue nih.

Salah satu booster ASI: Fenugreek
Fenugreek Hulbah & GNC


Tape ketan hijau sari daun katuk
Tape ketan hijau sari daun katuk

Selamat mencoba ya busui-busui. Ingat yang penting rajin pumping, tiap dua jam sekali. Atau mau coba power pumping? Tiap satu jam sekali pumping dengan durasi 15 menit? Seru juga tuh, asal punya banyak waktu. Kalo working mom agak-agak ribet nih ngatur waktunya.

Dan jangan lupa berdoa sebelum pumping ya :)

SEMANGAT ASI..!

34 comments:

  1. Makasi banyak mbak infonya, saya WM sekaligus busui yg merasa produksi udah mulai seret akhir2 ini apa lagi sejak anak saya sudah mulai MPASI

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. @Nurmala Dewi: Beberapa situs web yang aku baca memang menyebutkan kalo salah satu zat dalam Moloco itu ekstrak plasenta manusia.
      Tapi pernah baca juga klarifikasi dari staff Darya Varia Laboratoria (yang mengeluarkan Moloco), menjelaskan bahwa plasenta yang dimaksud adalah plasenta sapi.
      Wallahualam bishawab..

      Delete
  3. Tentang kehalalan Moloco yang dipertanyakan oleh banyak Busui, dan isu mengenai adanya ekstrak plasenta manusia di dalam pil-pil suplemen itu, gue jadi tertarik untuk langsung googling lagi info-info yang berkaitan dengan hal ini...
    dan akan gue posting di blog ini... semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  4. wah, keren.. semua dicoba..hihi
    saya juga ada pengalaman coba ini itu tapi masih kalah sama pengalaman coba2nya mbak..:v soalnya dulu alhamdulillah saya cuma beberapa kali coba2 langsung dapet yg cocok, pil asi borobudur & nutrisi mikronutrien dari apapun. tapi saya bingung lagi nih sekarang nyampe bulan ke8 kok agak seret lagi gini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe.. tapi nggak semua yang saya tulis di atas itu pernah saya konsumsi sendiri, mba,
      ada beberapa yang pernah dicoba ibu-ibu milis asiforbaby, saya tulis juga, sekedar sharing :)
      semoga bermanfaat ya.

      Delete
  5. sya jg pakai moloco tp ko asi ku tetep aja ya seret apa karna pengaruh pil KB ya... saya smpai skrng masih binggung mencari untuk pelancar ASI...

    ReplyDelete
    Replies
    1. fenugreek belinya di apotik kah mbak..?
      Saya udah coba lactamam dan lactamor tp blm lancar juga...hiikz

      Delete
    2. fenugreek ada di tokopedia mba atau di toko-toko herbal.

      Delete
    3. Aturan minumnya berapa kali sehari mbak? Sekali minum berapa tablet?

      Delete
  6. Tape ketan hijau sari daun katuk itu beli dimana???
    #baladaemakemakyangstokasipdikulkasudahmepet

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cari di tokopedia mba. Search pakai tape ketan. Atau tape ketan hitam atau tape ketan hijau. Nanti request pakai daun katuk.

      Delete
    2. coba disini, mak. https://www.tokopedia.com/tapeketan/tape-ketan-hijau-uk-1kg-1?src=wish

      Delete
    3. Coba pil.lancar asi mbk aq mnm itu lgsg stimulan asi ku bnyk.lg,, sblmny sempet g bs ldr malah, 2 hr mnm itu plus bnyk mkn lgsg bnyak.lg anak ku puas nyusuny ,, skrg udh ldr lg pd ku, slmt mncoba y, kl gak lactafit ok jg dr dokter aq diksh itu,,

      Delete
  7. Sis mau tanya itu tape ketan nya mang bisa request pake daun katuk ya?? Aq udh coba cari d tokped ada tape ketan tapi ga nemu klo yg udh d campur daun katuk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada kok, Bun. nih saya copy-in link nya. disitu bisa request pake sarid aun katuk khusus buat busui.
      https://www.tokopedia.com/tapeketan/tape-ketan-hijau-uk-1kg-1?src=wish

      Delete
    2. Tape ketannya itu lgs dimakan gt aj y mbak..? G dicampur air ato apa gitu?

      Delete
    3. iya tape ketannya langsung dimakan mba.

      Delete
    4. G ada efek panas di lambung y? Bagi baby dan ibunya

      Delete
    5. aku sih nggak panas mba, kalo bayi juga nggak.
      tapi mungkin ya jangan banyak-banyak. sehari cukup satu cup kecil-lah.

      Delete
  8. Oiy trs gmna sist cb minum pil moloco nya, sukses? Ni baby ku br 2 bln nyetok asi sih sdh tp png ny pas lg pumping tu bs lgs se galon hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe....
      Moloco itu kan harus pake resep dokter ya. Jadi cuma awal-awal aja minum moloco.
      Lumayan sih produksinya bund (dilihat dari frekuensi bayi pipis, sehari udah lebih dari 6 kali)

      Delete
  9. Coba pakek melilea GFO+Melilea apple+ melilea soya di campur air rebusan seledri insyaallah bancar

    ReplyDelete
  10. Coba pakek melilea GFO+Melilea apple+ melilea soya di campur air rebusan seledri insyaallah bancar

    ReplyDelete
  11. Bunn mau nnya donk kallo aturan minun moloco ny itu gmna yah,karna saya gak melalui resep dokter tpii sarann aja drii bnyak orng supaya asi banyak,mkasih sbelum nya bundd

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sehari sekali diresepinnya bund...

      Delete
  12. saya mau cb fenugreek asi lumayan banyak cuma saya lbh suka yang diseduh bukan bentuk kapsul bund..makasih bund ulasannya

    ReplyDelete
  13. Fenugreek beli dimana ya? Ug biasa ada di apptik atau di toko ind*mart atau alf#mart apa ya bunda2 biar gampang kalau beli2 lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya biasanya beli di tokopedia bund. cari pake keyword: fenugreek aja gitu

      Delete
  14. Ni membantu sekali bun..adek saya baru lahiran udh 3 hr ni blm kluar sm skali ASI nya...nanti sy rekomendasikan yg sudah dicoba mama2 pejuang Asi

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah.. senang bisa membantu. InsyaAllah bermanfaat dan ASInya bisa lancar bund.

      Delete