Thursday, March 31, 2016

Masih Tentang Moloco B12

Note: Posting ini adalah lanjutan dari dua posting sebelumnya: Misteri Kehalalan Suplemen ASI Moloco B12 & Investigasi Moloco Berlanjut.

Terakhir gue ngecek Moloco di website BPOM per tanggal 11 Desember 2014. Dan, sudah 1 tahun lebih 3 bulan, ternyata Moloco belum juga dapat terlacak di database BPOM. Ada apa dengan Moloco (part 2)?

Pencarian Moloco (31 Maret 2016)
Pencarian Moloco 31 Maret 2016

Akhir Mei atau awal Juni 2016, adalah saat yang gue nantikan untuk menyambut baby kedua. Rencananya sudah jelas, pengin banget full ASI. Salah satu yang gue harapkan kerjasamanya adalah si Moloco ini. Tapi mengapa oh mengapa, di database BPOM belum terinput juga?

Padahal dulu, saat gue melakukan investigasi itu, katanya kan si Moloco sedang mengajukan pendaftaran ulang izin edarnya tuh. Namun, hingga hari ini, datanya tidak ditemukan.

Anyway, salah satu teman kantor gue yang kebetulan menjabat sebagai Busui, saat ini sedang mengonsumsi Moloco atas saran dokternya. Gue minta aja bekas kemasannya, untuk mengecek nomor registrasinya.

Bekas Kemasan Moloco
Nomor Registrasi Moloco: DKL7604522616A1

Gue cek juga di database BPOM dengan nomor tersebut.

Pencarian dengan Nomor Registrasi Moloco
Pencarian Dengan Nomor Registrasi Moloco

















Masih belum ditemukan. Hiks... T_T

Akhirnya, karena gemes, gue telpon lagi Halo BPOM (nomornya 1500533).
Sebelum telpon, gue sudah membuat daftar panjang berisi pertanyaan-pertanyaan penting. Begitu sudah tersambung, eehh... Mba Operatornya sudah tahu kalo si penelpon bernama Fairus.. hahaha.. kok bisa?
Ternyata nomor telpon kantor sudah tercatat di database Mba Operator, sekaligus nama si penelepon (yakni gue), dan hal-hal apa saja yang ditanyakan dulu.

Begitu gue menyebutkan tentang Moloco. Langsung saja Mba Operator yang bernama Dian, menjelaskan panjang lebar, bahwa:
  1. Moloco B12 sudah memperpanjang izin edarnya. Dan disetujui oleh bagian terkait di BPOM sejak tanggal 18 Desember 2014.
  2. Lalu mengapa belum bisa dilihat di database BPOM? Alasannya untuk produk obat renewal (perpanjangan izin edar) memang perlu waktu untuk penginputan di database BPOM.
  3. Wow.... perlu waktunya hingga 1 tahun lebih? Kalo menurut gue sih ini merugikan pihak Moloco. Dan respon Mba Dian hanya: Kami akan segera meneruskan ke pihak terkait untuk memprosesnya (maksudnya menginput di database).
  4. Memang pihak terkait yang dimaksud itu sopo? Direktorat Penilaian Obat & Produk Biologi.
  5. Dan pertanyaan terakhir gue (untuk meyakinkan diri sendiri sebetulnya), apakah tulisan "Ext. Placentae 15 mg" di kemasan Moloco itu benar plasenta sapi? Bukan babi atau manusia? Jawaban Mba Dian: Benar itu plasenta sapi. Jika di produk obat atau makanan, mengandung babi, maka di kemasannya akan ada keterangan yang menyebutkan bahwa "Produk ini mengandung babi". Dan, tidak pernah ada obat yang mengandung plasenta manusia.
OK cukup menurut gue.

Sebelum gue tutup telponnya, gue minta satu hal sama Mba Dian: tiket nonton premiere AADC 2. Hahaha... bukan deh... becanda.

Yang gue minta sama Mba Dian adalah mohon segera diinput si Moloco ini di database BPOM, biar jadi lebih tenang saat mengonsumsinya. "Segera" di sini maksudnya "dalam tempo yang secepat-cepatnya". Super Urgent!
Kan, salah satu slogan BPOM yang ada di pinggir-pinggir jalan itu: cek izin edarnya (dan setahu gue, salah satu caranya ya dengan mengecek nomor registrasi di website BPOM). Kalau sudah dicek, ternyata nggak ada, berarti kan harusnya nggak boleh beredar ya. Betul apa betul?

Kumpulan slogan BPOM di pinggir jalan
Kumpulan Slogan BPOM di Pinggir Jalan





-per tanggal 5 Mei 2017-
Alhamdulillah, saya dapat info dari Pak Hari Sugiarto (salah seorang pemerhati Moloco juga) bahwa suplemen ASI tersebut sudah dapat dilihat di website resmi BPOM. Kalau sudah begini, insyaAllah tidak ada keraguan lagi ya. InsyaAllah aman & halal.
Berikut hasil print screen-nya.


Moloco terdaftar di BPOM
Moloco Terdaftar di BPOM


Finally..... Case Closed! 

Senangnya, bisa membantu busui-busui. Happy breastfeeding Mums ^_^


47 comments:

  1. Jd aman kah mba buat diminum? Galau heheh.. Mba fairus minum jg kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aman. InsyaAllah.
      Iya aku sempet minum awal2 lahiran. Sekarang lagi coba minum asi booster tea (ada fenugreeknya).

      Delete
    2. halal gak sih mbak? ragu nih...itu beneran plasenta hewan kan ya?

      Delete
    3. InsyaAllah aman bund. Itu dari plasenta sapi, bukan manusia atau babi ^_^

      Delete
    4. Mbak maaf nih sudah saya check di BPOM sudah ter register kok jadi menurut saya produk ini aman untuk digunakan, terima kasih.

      Delete
    5. Cek Produk BPOM
      Badan Pengawas Obat dan Makanan RI

      Kamis, 4 Mei 2017 - 11:31:39

      Produk
      Sarana
      Link
      • Halaman Utama » Produk » Semua » Cari

      Informasi Data Pangan Olahan Terdaftar tidak dapat digunakan untuk melakukan Pengawasan dan atau Penindakan. Pengawasan dan atau Penindakan terkait dengan Data tersebut hanya dapat dilakukan oleh Badan POM.

      Informasi Data Obat Terdaftar tidak dapat digunakan untuk melakukan Pengawasan dan atau Penindakan. Pengawasan dan atau Penindakan terkait dengan Data tersebut hanya dapat dilakukan oleh Badan POM.
      Daftar Semua Produk
      Cari
      NOMOR REGISTRASI PRODUK PENDAFTAR
      DKL7604522616A1
      Terbit: 18-12-2014
      MOLOCO B12
      Merk: -
      Kemasan: DUS, 6 STRIP @ 10 TABLET SALUT GULA
      DARYA VARIA LABORATORIA - Indonesia
      -
      Data Per-Halaman. Menampilkan 1 - 1 Dari 1 Data.« Halaman Dari 1 »
      © 2012 - Badan Pengawas Obat dan Makanan RI
      Suitable View @ Chrome • Firefox4+ • IE7+ • Opera • Safari

      Delete
    6. Terima kasih infonya pak Hari Sugiarto :)

      Delete
  2. Mba fairus, gmn asi nya skrg? Sdh bergalon galon kah? Hehe... Jadinya Asibooster rekomendasinya apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe... amin.. pengennya hasil galonan, cuma bingung nanti nyimpennya *ngeles aja kayak bajaj :D

      Saya lagi minum teh-teh booster asi. Intinya sih minum booster apapun asal pengeluarannya maksimal, insyaAllah asi banyak.
      Oia, sama positive thinking bund.... ^_^

      Delete
  3. Jadi ga moloco lg nih baby k dua nya mba..
    Hehe
    Brusan aku nanya temen apotik
    Dy rekomend ny si moloco
    Png ny sih yg herbal
    Takut nnti tiba2 di bln kberpa gt asi nya g kluar
    Bisa jadi ga tu mba? Takut soalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selama terus dikeluarin ASI nya (nenen langsung atau di pumping) akan tetep produksi bund.
      Sekarang saya lagi konsumsi teh-teh herbal untuk booster ASI. ada banyak merk sih bund. Tea Booster ASI, Teh Bunda, Sacred Tea, Milkmaid Tea, etc.
      Carinya yang mengandung fenugreek bund. Itu lumayan ngaruh, PD berasa cepet penuh.

      Delete
  4. Bun aq udh nyoba asi booster tea jg milkies nursing tea tp kyanya gk ngaruh yaa..ne dresepin sm konselor asi pake moloco b12..bru beli sih belum nyoba...apa bener bsa lancar bun

    ReplyDelete
  5. Bun baby sy udh 2bln ini tp sufor sih hikss...mau program asi tp asiny sdkit kdg gk kluar..prnah nyoba teh herbal asi booster tea tp ttp gtu2 aja asiny..ini bru dpt konselor asi dsarankan konsumsi moloco b12..apa bsa brhsil yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bunda menyusui langsung atau pumping?
      Saya baca-baca banyak sumber, dan pola dari ASI-Menyusui itu seperti ini kira2:
      - jika menyusui langsung, perhatikan pipis bayi. Kalo sudah minimal 6 kali sehari. Berarti asi cukup. Nggak kurang.
      - bila saat menangis, bayi mengeluarkan air mata, berarti asi cukup. Bayi tidak dehidrasi
      - perhatikan kenaikan berat badan sebulan sekali.

      Kalo bunda pumping, memang nggak langsung banyak hasilnya. Harus rutin dan disiplin. Lama2 hasilnya banyak.

      Apapun boosternya, hasilnya bisa maksimal jika pengeluaranya juga maksimal. Usahakan PD selalu kosong.

      Dan, ASI itu sesuai dengan pemikiran bunda. Kalo bunda mikir banyak, insyaAllah ASInya ngucur2... hehehe

      Dicoba aja moloco-nya. Kalo memang masih blum banyak, nanti konsul lagi.

      Delete
    2. oia, kalo soal campur sufor, gapapa bund. Saya yakin bunda pasti ingin yang terbaik buat baby. Jangan sedih dan terlalu dipirkan, nanti ASI nya malah gak keluar.
      Dibawa santai aja. Biar mood bunda jadi happy ^_^

      Delete
  6. Terima kasih mba,Sangat bermanfaat sekali infonya,sampe ber part2.hehe. tapi penasaran juga kira2 sapi nya disembelih sesuai aturan islam ga ya? Mungkin mba tau. Makasih mba jawabannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya saya nggak ngecek sampai ke situ ^^

      Delete
    2. PAS MINUMNYA BACA BISMILLAH KALO SOAL ITU AH BUN HE HE

      Delete
    3. Kalo plasenta harus melalui penyembelihan dulu ya

      Delete
  7. Mba saat ini saya sdg hamil anak kdua, sdgkan anak prtama masi full asi (13bln). Tp entah knp produksi asi sptnya brkurang pdhl ank prtama ini kenceng bgt minumnya. Apa blh sy mnum moloco pas lg hamil 5bln gni? Siapa tau asi jd byk lg. Trmkasih infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah mending lebih baik ditanya langsung sama dokter kandungan atau bidannya aja mba meilia.
      semoga lancar ya tandem nursing-nya, saya sangat mengapresiasi ibu hamil yang tetap semangat menyusui anaknya ^_^

      Delete
  8. Mbak, apakah Moloco ini perlu resep dokter atau tidak untuk membelinya?

    ReplyDelete
  9. mba, udah pernah cek ke LPPOM MUI tentang status halalnya? kan yang mengeluarkan sertifikasi halal itu LPPOM MUI, bukan BPOM :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. soalnya kalau cek di http://www.halalmui.org/mui14/index.php/main/ceklogin_halal/produk_halal_masuk/1 dari darya varia cuma ada natur e advanced yang tercantum di daftar produk halalnya :)

      Delete
    2. setau saya banyak obat yang beredar di publik belum berlabel halal MUI, bukan hanya moloco.

      barusan saya cek obat panadol, juga belum terdaftar.
      Lalu coba cek berdasarkan nama produsen Kalbe, hanya promag yang berlabel halal. produk lainnya belum terdaftar di LPPOM MUI: procold, neo entrostop, counterpain, gazero, dll.

      saya juga iseng cek halal MUI untuk saingannya moloco, seperti asifit, milmor, lactamam, lactafar, belum ada juga di database LPPOM MUI.

      insyaAllah ke depannya, banyak produsen obat yang lebih aware sama label halal, dan mau mengurusnya.
      karena konsumennya sudah pada pandai ^_^

      Delete
  10. Mb fairuz rekom buat tea herbalnya yg paling bagus merk apa ya?

    ReplyDelete
  11. Mb fairuz rekom buat tea herbalnya yg paling bagus merk apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cobain ASI Booster Tea dan Tebunda. Bagus tuh ada fenugreek-nya.
      bisa bikin ngucur2 ASI-nya ^_^

      Delete
  12. Alhamdulillah Moloco halal ya. Bismillah :)

    ReplyDelete
  13. Thanks info dan waktu nya mba fairus.

    ReplyDelete
  14. Saya dr kmrn nyari tau tentang moloco heheheheh, Alhamdulillaah nemu blog ini. Kmrn sempet coba moloco, hasilny lumayan. Tp krn banyak gosip, ya sempet stop.
    Dulu saya pake milmor nf, pernah pake jg ga mbak? Milmor nf rekomen banget tuh. Cuma skrng susah banget nyari ny diapotik. Kenapa y? Ad di olshop cm jatohny mahal banget hehhehe..
    Btw, Sankyu ya mbak, atas infony. Bermanfaat banget.

    ReplyDelete
  15. Terima kasih atas investigasinya...
    Walaupun sdh cukup lama,kaget dengan info haramnya sempat panik krn baru aja dibeli . Alhamdulillah sekarang sudah lega..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mba ananda, senang bisa membantu ^_^

      Delete
  16. Trimakasih mbak Fairus..informasi n investigasinya..smg niat baik qta diberi kemudahan. Merk teh pelancar asi nya apa mbak klo boleh tau?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Teh yang pernah saya coba merk-nya: TEBUNDA & ASI BOOSTER TEA :)

      Delete
  17. Kemarin produksi asi saya agak berkurang tapi hanya malam saja..kira2 kenapa ya bun? Cz cm mlm saja sampe bayi saya nangis2 kurang kenyang.
    Hbs itu saya minum moloco 1 butir alhamdulillah sdh full..biar asi full trus minumny setiap hr ato pas asi kurang aja bun? Ato brp kali sehari? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Moloco sebetulnya suplemen diresepkan oleh dokter. Biasanya sehari sekali aja bund minumnya ^_^

      Delete
  18. Sempet lega n mau buru2 beli moloco b12 karna produksi asi sedikit n baby nangis muluk karna asinya kurang, cuma pas coba cek produk BPOM kog g muncul lagi ya.. Apa expired lg, dan baru perpanjangan lg yak??? 🤔🙁

    ReplyDelete
  19. Mbak postingan & investigasinya membantu busui galau spt aku. Makasih yaaahh

    ReplyDelete
  20. Maaf anak saya usianya 4 bulan dlu wktu bru lahiran mengkonsumsi obat obatan penurun darah tinggi sekarang trus usia 40 hri sya mengkonsumsi obat sakit kepala pas itu asi sya mulai kempes dan seperti berhenti apakah bisa deras lagi kalau minum malocco atau laktafit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Moloco ini seharusnya dikonsumsi sesuai anjuran dokter. Kalau saran saya, konsultasi dulu ke ahli/dokter laktasi.
      Tapi memang beberapa ibu jadi terbantu, ASI-nya menjadi deras setelah konsumsi Moloco :)

      Delete
  21. Bismillah.... Moloco bener halal ya bund..?
    Saya cari2 info. Nyangkut deh disini hehe

    ReplyDelete