Friday, October 14, 2022

Cara Mudah Menghilangkan Karat Pada Sepeda Mini United

Saya mau berbagi pengalaman dalam membersihkan karat pada sepeda lama: sepeda mini United.

Sejak menikah dan punya anak, nggak pernah lagi menyentuh sepeda biru ini. Sayang juga ya teronggok tak berdaya di pojokan teras rumah orang tua.

Pada akhirnya saya butuh kendaraan juga buat mengantar anak sekolah. Kebetulan sekolahnya dekat, kalo jalan kaki lumayan, kasihan anaknya. Kalau naik angkot JakLingko, kadang nunggunya lama.

Angkot itu tidak mau terlalu penuh, jadi kalau isinya sudah 5 atau 6 orang, kita mesti ikhlas nunggu angkot di belakangnya. Pun, harus berjalan sedikit ke titik jemputnya. Tidak begitu lama naik angkot, sudah harus turun karena sudah sampai sekolah. Jadi, ribet aja gitu.

Saya juga belum belajar mengendarai motor, jadi ya sudahlah, keputusan final untuk mengambil kembali sepeda lama di rumah orang tua.

Keadaannya sungguh menyedihkan. Karatnya tebal. Ban pada kempes, dan kaku. 

Saya pun googling bagaimana cara membersihkan karat-karat ini?

Berikut adalah bahan-bahan yang saya pakai:

  • Removal Rust, beli di Tokopedia seharga Rp.30.000
  • Sabun cuci piring, merk apa aja, sabun colek juga boleh.
  • Citrun sebungkus.

Removal Rust untuk menghilangkan karat pada sepeda lama


Caranya:

  1. Saya langsung semprot Removal Rust ke seluruh permukaan karat (jangan lupa gunakan sarung tangan plastik atau karet).
  2. Tunggu beberapa saat, sampai cairan Removal Rust bereaksi terhadap karat.
  3. Gosok dengan kuas atau sikat, sampai karat rontok. Bilas.
  4. Langkah berikutnya, saya larutkan sabun cuci piring dan citrun ke dalam seember air.
  5. Sapukan larutan itu secara merata menggunakan kuas.
  6. Tunggu lagi beberapa saat, lalu gosok kembali sampai karat benar-benar hilang.
  7. Lalu cuci bersih setiap bagian dari sepeda, bilas dan keringkan (saya dibantu paksu)

Hasilnya benar-benar lumayan. Sepeda saya kinclong lagi. Walaupun masih ada karat yang bandel, tapi paling tidak sebagian besar karat yang mengganggu penampilan, berhasil hilang.

Demikian. Semoga info ini berguna ya. Bisa dicek foto before after karat di sepeda berikut.

Before after karat menghilang dari sepeda lama

Before after karat bersih pada jok belakang sepeda

Stang sepeda mini bersih dari karat

Sebagian besar karat hilang dari stang sepeda mini

Besi lengan pedal sepeda bebas dari karat (before after)

Sepeda lama sudah bersih dari karat, siap dipakai


No comments:

Post a Comment