Friday, March 1, 2013

Cerita MPASI Sabrina (Enam Bulan Pertama)

-Tulisan ini berdasarkan pengalaman penulis dan artikel-artikel yang pernah dibacanya-

Setelah berjibaku harus lulus ASIX selama 6 bulan, begitu menginjak usia 6 bulan 1 hari, Sabrina langsung dihadapkan oleh semangkok bubur susu. Time for MPASI (Makanan Pendamping ASI).

MPASI hari pertama betul-betul encer. Rasio antara makanan dan ASI, 30 : 70. Rasio ASI dikurangi bertahap. Sebetulnya MPASI di 6 bulan pertama hanya untuk mengenalkan makanan padat. Mulai dari yang encer, lalu lembut.
Nanti pada saat bulan ketujuh berturut-turut sampai 1 tahun MPASI-nya juga berubah tekstur: mulai dari yang lembut, kemudian agak kasar, dan beralih ke nasi tim, nasi lembek, hingga ke nasi normal (atau yang sehari-hari kita makan).

Dalam mengenalkan makanan, gue mengikuti 3 days rule. Maksudnya selama 3 hari berturut-turut menunya sama (pagi-siang-sore), untuk seminggu pertama Sabrina cuma makan 2 kali, minggu berikutnya baru normal: 3 kali makan. Namun ada juga yang menjalankan sistem MPASI 4 days rule. Ini untuk mengetahui apakah Sabrina alergi atau food intolerance terhadap satu jenis makanan. Alergi atau food intolerance ini bisa macam-macam, misalnya gatal-gatal, kulitnya merah-merah, mencret, demam, dsb.

Beda antara alergi dan food intolerance kurang lebih begini:
Alergi: memang sudah bawaan dari bayi. Bisa jadi karena turunan dari ortunya. Misal alergi seafood. Untuk ini harus hati-hati dan perlu konsultasi ke dokter anak, sedangkan food intolerance: karena pencernaan baby belum terbiasa mencerna secara langsung salah satu jenis makanan (biasanya hanya ASI yang merupakan sari-sari makanan), jadi begitu si baby diberikan makanan itu, pencernaan meresponnya secara berlebihan. Tapi jika sudah terbiasa oleh makanan tersebut, maka si pencernaan ini juga akan meresponnya dengan normal.
Contohnya usus kita aja deh, terhadap susu sapi. Beberapa orang mengalami diare jika minum susu sapi, ini disebut Lactose intolerance (karena si usus belum terbiasa mencerna susu sapi, tapi jika sudah diminum setiap hari, maka lama kelamaan usus menjadi terbiasa). Kira-kira begitu. CMIIW (Correct Me If I'm Wrong).

Jika baby mengalami alergi atau food intolerance, perlu dijaga jarak dulu tuh pemberian makanan yang menyebabkan gangguan itu, kira-kira sebulan kemudian. Biasanya kalo dia memang alergi, akan muncul lagi gangguan yang serupa, perlu konsultasi ke DSA segera. Tapi kalo cuma food intolerance, nggak terjadi lagi gangguan itu, kalaupun ada, nggak separah yang pertama kali.



Kita sebagai ibu harus kritis dan pintar dalam membesarkan dan menjaga anak-anak. Makanya gue berusaha disiplin mencatat perjalanan Sabrina menempuh MPASI di enam bulan pertamanya. Berikut gue share, semoga bermanfaat ya.



2 comments:

  1. Wuaah manteb sampe bikin tabel MPASI...makasih sharingnya bun..
    Untuk MPASI selalu berikan yang non instant, Tepung Gasol adalah MPASI Organik dan non instant asli Indonesia..karena kebanyakan mpasi organik import..;D

    ReplyDelete