Saturday, March 7, 2015

Review Buku: Fit.Focus.Finish

Fit.Focus.Finish
Genre:
Non-Fiction
Business & Economics (Investasi)
Author:
Rudiyanto

Selesai dengan buku pertamanya, saya langsung ngebut baca buku kedua. Walau, nggak secepat sebelumnya, karena pembahasan reksa dana di buku ini lumayan bikin pusing. Bacanya sampai mengerutkan dahi. Tapi, kalau menurut Rudiyanto, apapun bidangnya, asal dipelajari dengan gigih, orang awam pun pasti ngerti.

Di buku fit.focus.finish, menyambung dari buku pertamanya, tidak lagi mendefinisikan reksa dana. Pembaca sudah dianggap mengerti teori dasar, tinggal pembahasannya saja yang diperdalam.

Seperti bahasan tentang asumsi return yang wajar dalam investasi, baik di saham, obligasi, maupun campuran. Lalu mengetahui strategi pengelolaan reksa dana, mengenal apa itu T-Club & B-Club, mengenal lebih dekat saham Blue Chip dan Second Liner.

Riset-riset masih dilakukan untuk membuktikan bahwa Value Investing lebih baik dari strategi Market Timing, dengan menggunakan analisa Simple Moving Average, Relative Stength Index, dll. Teori-teori riset ini dapat juga digunakan oleh mahasiswa jurusan Ekonomi Manajemen-Finansial-Investasi sebagai salah satu referensi Skripsi dan Tesis-nya.

Kita, orang awam, juga diajari cara menganalisis Laporan Keuangan dan Cash Flow perusahaan skala besar di surat kabar, contohnya Astra. Karena dana kita akan diserap sebagai tambahan modal perusahaan tersebut, maka kita wajib tahu bagaimana membacanya bukan? Untungkah atau rugikah?

Terakhir, sebab Rudiyanto ini adalah Head of Operation & Business Development Panin Asset Management, akibatnya di buku ini beliau sekalian beriklan produk-produk Panin AM. Seperti RD Panin Dana Maksima yang konon menjadi reksa dana pasar saham unggulan seantero negri. Lalu, ada pesaing Unit Link yang lebih make sense yaitu Investment Link: Smart Investment Protection Plan. Produk baru PAM tersebut menggabungkan Investasi dengan Asuransi Jiwa, tentunya dengan premi kecil.

Kesimpulannya, beliau sangat menyarankan Buy & Hold untuk para investor, pemula atau bahkan veteran. Ketimbang melakukan spekulasi, yang hasilnya kurang maksimal.

Sekian review buku dari saya, semoga berguna.

No comments:

Post a Comment