Wednesday, February 25, 2015

Review Buku: Sukses Finansial dengan Reksa Dana

Review Buku: Sukses Finansial dengan Reksa Dana
Genre:
Non-Fiction
Business & Economics (Investasi)
Author:
Rudiyanto

Belakangan ini gue lagi keranjingan banget baca blog-nya Pak Rudiyanto di rudiyanto.blog.kontan.co.id yang isinya membahas reksa dana secara tuntas. Mulai definisi hingga riset kecil-kecilan, bahkan besar-besaran dengan segala model perhitungan dan metodologi.

Dari gaya penulisan blog-nya, kelihatan banget kalau beliau ini sangat profesional di bidangnya. Jadi jangan heran kalau tiba-tiba gue jadi tergiur beli produk reksa dana di Panin Asset Management, dan tentu saja beli buku karangannya: Sukses Finansial dengan Reksa Dana, yang akan gue bahas sedikit reviewnya di post kali ini.

Sebetulnya isi buku ini nggak berbeda jauh dengan blog-nya, bagi yang mau gratisan, pantengin aja blog-nya, baca mulai posting awal yang ditulis tahun 2010 sampai posting terbarunya. Tapi kalau mau dapat bonus yang lumayan, misalnya kalender 2015 dan hitung-hitungan dalam format Excel untuk menentukan tujuan investasi, harus beli bukunya langsung ke penulis.

Bahasa buku ini sangat mudah dicerna. Simpel. Orang awam pasti langsung paham tentang investasi dan reksa dana. Gue hanya butuh waktu dua hari untuk menamatkan buku pertamanya ini.

Buku yang terdiri dari 40 bab ini, dimulai dengan menyikapi makna dari sukses finansial itu sendiri. Sebesar apa sih finansial kita, baru bisa dinyatakan sukses? Apakah mungkin dengan pemasukan dua digit, kita akan sukses secara finansial? Padahal kalau menurut gue, semakin besar income seseorang, maka expenses juga bertambah besar. Jadi, tetap dibutuhkan ilmu untuk mengelola pendapatan.

Selain definisi reksa dana yang dijelaskan secara rinci, pun jenis-jenis reksa dana seperti Money Market, Fixed Income, Balance, dan Equity Fund dijabarkan dengan gamblang. Rudiyanto juga membahas tentang negara tetangga kita, Singapura, yang ternyata memiliki reksa dana yang ditanamkan di Lippo Mall Cikarang dalam bentuk REITs (Real Estate Investment Trusts), dan hal-hal lain yang menambah wawasan seputar investasi bisa ditemukan di buku ini.

Bicara mengenai investasi, seperti deposito, logam mulia, properti, & reksa dana, Rudiyanto melakukan riset, bahwa ternyata deposito tidak mampu mengalahkan inflasi. Dan dari riset tersebut, ditemukan fakta bahwa ternyata logam mulia berhasil mengalahkan inflasi lebih baik dibanding properti. Bagaimana dengan reksa dana? Jawabannya juga ada di buku ini.

Jadi, jika berminat untuk investasi reksa dana, pengin tau cara-caranya, peraturan-peraturannya, siapa saja yang terlibat, dan lain sebagainya, gue rekomendasikan buku ini sebagai salah satu literatur.

Selamat membaca, dan...
Happy investing!

***

Baca juga review buku lanjutannya: fit.focus.finish

No comments:

Post a Comment