Wednesday, March 18, 2015

Mencari Sepatu Lari yang Cocok Lahir Batin

Ada dua faktor yang menginspirasi gue untuk kembali berolahraga, terutama lari. Pertama adalah buku yang saat ini sedang gue baca: The Maze Runner, kedua karena menurut website nhs.uk, gue overweight!

Tapi sayang sekali, sepatu lama gue: Reebok warna ungu-putih itu sudah musti pensiun. Bagian tumit sudah jeblos, dan yang sebelah kiri sudah nganga dikit bagian depannya. Lagipula sepatu itu untuk aerobik, bukan buat lari. Jadilah gue hunting sepatu lari. Kalo bisa yang dipakai atlet marathon profesional, tapi harganya yang napak bumi.

Setelah menjalani tes tipe kaki di www.brooksrunning.com dan www.mizunousa.com, hasilnya adalah telapak kaki gue normal, tapi kaki gue tergolong overpronate.

Untuk telapak kaki, bisa dites dengan percobaan sederhana. Menginjak kertas warna cokelat dengan keadaan kaki basah, akan langsung tercetak tipe telapak kaki kita. Normal, high arch, atau flat foot?

normal arch
Percobaan dengan menginjak tutup kardus Indomie,
hasilnya normal arch

Tes yang lebih detail ada di dua website yang sudah disebut di atas. Ada tes jongkok, tes berjalan, tes jari kelingking, tes kartu atm, dll. Semua percobaan itu untuk menentukan apakah bentuk kaki kita normal, overpronate, atau underpronate.

Tadinya gue nggak begitu peduli hal-hal begini. Yang penting, sepatu yang nanti gue beli warnanya keren, dan murah ciin...
Tapi setelah baca-baca testimoni para runner di dalam dan luar negeri, ternyata sepatu yang cocok dengan bentuk kaki, dapat meminimalisir cedera lutut.

Medan lari juga akan mempengaruhi jenis sepatu. Misalnya saja sepatu untuk lari di jalan beraspal, akan berbeda dengan sepatu lari di treadmill, di jalan-jalan berbatu, atau di track GOR. Ribet ya...???

Anyway, setelah menjalani berbagai tes yang melelahkan, dan membuahkan hasil berupa Normal Arch & Overpronation, lalu rencananya gue akan menggunakan sepatu itu untuk lari keliling komplek kantor dimana jalannya berbentuk paving block, maka pilihan sepatu yang gue butuhkan adalah sebagai berikut:
  • Adidas Supernova Sequence 6
  • Brooks Adrenalin GTS 14
  • Mizuno Wave Inspire 9
  • Mizuno Wave Paradox
  • New Balance 860
  • Saucony Omni


Pilihan pertama jatuh pada Brooks Adrenalin GTS 14, warnanya kece, harganya miring (sebab di lazada lagi diskon 70%), dan merk Brooks yang mentereng itu.

Brooks Adrenalin GTS 14
Brooks Adrenalin GTS 14. Kece berat.

Tapi, sayang seribu sayang, gara-gara kelamaan mikir, pas besoknya dicek, sepatu ini udah sold out, tinggal sisa nomor 40. Wuuuah.... cepet banget habisnya!

Lalu pilihan kedua adalah Mizuno Wave Inspire 9 & Mizuno Wave Paradox, yang keren sekali. Baru lihat, langsung jatuh cinta. Tapi, gue segera mengurungkan niat untuk memiliki mereka, karena produk barunya Mizuno ini harganya masih mihil bingits (mahal banget, red). Masih dua jutaan sepasang.

mizuno wave inspire & paradox

Akhirnya, suamiku tercinta, merekomendasikan salah satu toko olahraga di bilangan Cempaka Baru, Jakarta Pusat, untuk mencari dan mencoba langsung sepatu-sepatu lari. Katanya pilihannya beragam. Sepulang kantor, berangkatlah kita ke sana.

Begitu sampai, mata gue langsung terpaku pada Mizuno Crusader 8, yang warnanya begitu mirip dengan Brooks Adrenalin GTS 14, inceran gue sejak pertama.

Mizuno Crusader 8
Mizuno Crusader 8

Awalnya gue nggak paham, si Crusader ini untuk jenis kaki apa. Gue tanya ke si mbak SPG, dia juga nggak ngerti. Tapi, karena sudah seperti menemukan belahan hati, terjadi jugalah transaksi jual-beli itu.

Malamnya gue googling, ternyata Crusader ini barang lama Mizuno, dan banyak toko online macam e-bay & amazon yang menjualnya dengan diskon besar-besaran.

Lalu, prepare for the good news, untuk menggantikan Crusader, Mizuno telah meluncurkan produk-produk terbarunya, yaitu Wave Inspire & Wave Paradox (which is my second option). Waaah... Dahsyat banget ya!!! Secara nggak sengaja, gue sudah menemukan sepatu lari yang cocok lahir batin. Mulai warna, sampai fungsi, klop seperti yang gue inginkan. Gue langsung menari-nari gembira ditemani sekawanan kupu-kupu.

Bagi yang kebetulan juga perlu belanja sepatu lari, atau mungkin sepatu futsal, basket, dan alat-alat olahraga lainnya, bisa langsung menyambangi:
Toko Saudara Sports.
JL. Letjen Suprapto No.6, Cempaka Baru, Jak-Pus
No Telp: 021-4202272, 4266430.

Dan, ini penampakan sepatu keren lainnya yang gue sebut di poin-poin di atas

adidas, new balance, saucony

On your mark!
Get set!
GO...!

No comments:

Post a Comment