Saturday, July 20, 2013

Pengalaman Melahirkan Normal

Sabrina sekarang usianya sudah 1 tahun 4 bulan, nggak berasa, tau-tau sudah besar, bentar lagi sekolah, trus dikawinin, trus gue momong cucu. Dan, banyak yang nanyain, kapan nih Sabrina punya adik? Wakwaw nggak tuh pertanyaannya.


Haha... sebenarnya sih gue pengennya punya anak tiga. Allah SWT kan suka angka ganjil. Dan, kayaknya lebih fun kalau Sabrina punya dua adik. Rumah lebih ramai, dan semarak. Itu artinya gue masih punya hutang melahirkan dua kali lagi.

Kalau diingat-ingat pengalaman melahirkan anak pertama waktu itu, mencengangkan sekali. Normal sih, tapi... (garuk-garuk kepala).

Prediksi dokter tanggal 20-an Maret gue melahirkan, dan itu nggak meleset. Sabrina lahir tanggal 22 Maret.
Malamnya gue periksa kandungan buat cek air ketuban, masih normal. Kata dokter masih cukup buat beberapa hari ke depan. Dan gue sudah merasakan kontraksi palsu, sakit-sakit sedikit, tapi cepat hilang. Gue udah pernah baca tentang ini di internet, jadi nggak begitu khawatir.
Dokter juga bilang, "Kalau ibu kontraksi beneran, ibu nggak mungkin bisa senyum-senyum kayak gini." Waktu itu, gue cengar-cengir panik sebetulnya.

Keluar dari ruang dokter, ternyata tante-tante dan beberapa sepupu udah pada dateng. Mereka kira gue udah lahiran. Trus salah satu tante gue bilang "Kalo dilihat dari air mukanya, iyus nggak lama lagi melahirkan nih, paling besok." Mungkin di jidat gue udah ada tulisannya: MELAHIRKAN SEGERA!

Tapi emang dasar ibu-ibu punya pengalaman (anaknya tiga, red), bener aja, jam tiga pagi, perut gue melintir, sakiiiit banget. Kayak diremas-remas sama tangan Hulk, trus ditusuk tombak, lalu dicakar-cakar dari dalem pake pisau roti yang bergerigi (maaf ya bukan nakut-nakutin yang bentar lagi nunggu waktu). Tapi emang itulah yang gue rasakan. Rasa sakit mules kontraksi itu RUARRR BIASAAA....!

Gue langsung bangunin Fahmi dengan suara erangan-erangan nggak jelas. Begitu sakitnya hilang, gue goyang-goyang pundaknya. Begitu sakit dateng lagi, gue melenguh, kayak sapi ngunyah kerikil. Waktu itu jeda antara sakit sama nggaknya, sekitar 30 menit. Dan sakitnya itu belum seberapa dibandingkan menjelang detik-detik lahiran nanti.

Fahmi dengan sigap menelpon Hekel, buat segera jemput pake mobilnya. Gue masih sanggup jalan menuju mobil. Adik gue itu agak lebay orangnya, jam tiga pagi dia udah bangunin tetangga-tetangga: Mpo Sainah, Si Uwa, Mpo Hindun, dan mpo-mpo yang lainnya (maklum kampung betawi). "Iyus mau beranak, Mpo" katanya heboh, rumah orang digedorin satu-satu.

Sampai klinik, bidan langsung ngecek, ternyata belum ada pembukaan, dan kantung ketuban masih aman, belum pecah. Gue dikasih opsi untuk nunggu di klinik, atau pulang dulu. Gue milih pulang dulu, karena menurut gue merasakan sakit di rumah lebih nyaman ketimbang di klinik, kalo mau jerit-jerit, nggak takut diomelin bidan. Keputusan yang akhirnya gue sesali, karena mondar-mandir rumah-klinik-rumah dalam keadaan 1001 penyakit jadi satu bukanlah ide cemerlang. Percaya deh sama gue.

Fahmi disuruh mengawasi jeda sakit mules. Kalau sudah 10 menit sekali, kita harus berangkat ke klinik. Kalau jedanya belum nambah, jam 7 pagi juga sudah harus di klinik, buat dikasih perangsang biar bukaannya bisa nambah.

Begitu sampai rumah lagi, jeda sakitnya lebih cepat. Gue nggak bisa tidur, cuma mengerang-erang di ranjang, sambil pegangin perut. Air mata udah nggak bisa ditahan, ngalir sendiri.
Jam 6 subuh, gue hampir digotong Fahmi dan Hekel, karena udah nggak mampu buat jalan. Sakitnya menjalar sampai betis. Kepala gue juga kayak dihantam rubber mallet (palu karet, kantor gue impor barang ini).

Di jalanan, Hekel ngebut, salip-salip mobil. Gue disuruh istighfar dan baca ayat kursi, sambil ngatur napas. Begitu dicek sama bidan lagi, ternyata udah bukaan tujuh. Cepet sekali Sabrina nih buka-buka jalan keluar.
Jam 7 pagi, bukaan lengkap, tapi sayangnya gue nggak ada tenaga buat ngeden. 
Terpaksa dipanggil dokter kandungan, akhirnya divakumlah Sabrina. Jalan keluar digunting memanjang ke bawah hampir mencapai anus (atau memang sudah sampai situ ya?), maksudnya biar nggak pecah kodok (istilah nenek gue untuk jalan keluar yang robeknya nggak keruan), tujuan lainnya biar dokter jahitnya lebih gampang.

Soal jahitan jangan ditanya. Gue dapet jahitan banyaaaak. Tapi biar deh, yang penting Sabrina lahir dengan selamat, dan sehat.

Setelah proses lahiran yang menguras tenaga, bayi yang cantik dengan berat 3,8 kg, dan panjang 48 cm mendarat mulus di tangan dokter jam setengah 9 pagi. Proses IMD dilakukan (karena gue yang minta), tapi nggak sempurna. InsyaAllah bayi kedua dan ketiga bisa IMD dengan baik dan benar. Pengennya sih kembar nih dua anak selanjutnya, biar sakitnya sekalian.

Well sekian sharing pengalaman melahirkan normal bayi Sabrina Fahmi. 

5 comments:

  1. Ditunggu cerita edisi anak ke 2 dan ke 3 sesegera mungkin ya kak :)

    ReplyDelete
  2. Pengalaman melahirkan selalu mendebarkan, berguna dan semoga jadi bahan pengetahuan / persiapan calon ibu ...

    ReplyDelete
  3. 3 minggu lalu baru ngelahirin secara normal. Ruar biasa sakitnya. Dan bener aja, pas bukaan ketujuh air mata udh ga bisa ditahan lg. Brrrrrr

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah selamat ya sudah menjadi ibu, semoga ibu dan bayinya sehat selalu. Amin
      Pas ngelahirin itu rasanya baru sadar perjuangan orangtua kita, terutama Mama ya.... :(

      Delete