Tuesday, September 19, 2017

Testimoni Panci Presto ISA

Di seri pertama postingan bertema panci ini, saya belum menyebut nama merk ya. Tapi di seri kedua, saya menulisnya langsung di judul artikel.

Haha... yup, panci yang saya beli merk ISA Pressure Cooker, tipe Econo. Saya kira harga murah karena memang tipe Econo, maksudnya kepanjangan dari ekonomi. Kalo tiket kereta, kelas ekonomi kan lebih murah tuh daripada bisinis atau eksekutif.

ISA Pressure Cooker, tipe Econo
ISA Pressure Cooker, tipe Econo

Mungkin alasan itu bisa diterima, mengingat ketebalan dasar panci ISA Econo hanya 10mm, sedangkan yang terbaru tipe Ruby, tebalnya 12mm.

Kata penjualnya, tipe Econo itu sudah tidak diproduksi lagi (discontinued). Seperti panci keluaran ISA sebelumnya: Praktik.

Beda panci ISA Praktik & Ruby
Beda panci ISA Praktik & Ruby

Perbedaan antara ketiga panci ISA ini:
  • Ketebalannya. Untuk tipe Econo & Praktik = 10mm. Sedangkan tipe Ruby lebih tebal sedikit = 12mm. Tapi untuk diameter, semua tipe sama, yakni 20cm
  • Pegangan & gagang penutupnya. Tipe Econo, terbuat dari kayu yang dipelitur. Tipe Praktik gagangnya warna hitam. Sedangkan tipe Ruby berwarna merah (paling keren pokoknya).

Selain dua perbedaan itu, selebihnya sama.
  1. Diproduksi di negara yang sama: Italia.
  2. Fungsinya sama: untuk memasak tekanan tinggi. Masakan lebih cepat matang. Daging cepat empuk. Hemat gas, dan lainnya.
  3. Diameter sama = 20cm (seperti yang sudah saya sebutkan di atas).
  4. Bentuk tutupnya juga sama. Melengkung, tidak ada karetnya (FYI, sebetulnya ada karet tapi tertanam di bibir panci. Tidak kelihatan, dan tidak mudah keluar).
  5. Ada dua katup di tutupnya. Untuk mengatur tekanan suhu.
  6. Terbuat dari bahan stainless steel anti karat (FYI, lebih baik memilih alat masak dari bahan stainless steel. Sebab dari yang saya baca, lebih aman jika yang dimasak mengandung unsur asam atau kecut, misal cuka, tomat, dll. Partikel logamnya tidak akan larut. Beda dengan aluminium, yang mudah larut dan partikel logamnya ikut berbaur di masakan kita).
  7. Di dasar panci, ada tulisan ISA-nya timbul, yang bisa menjadi dasar pengajuan klaim garansi.
  8. Dan, mendapat buku resep yang sama.

Haha... saya jadi kayak sales panci. Jangan tanya barangnya ready atau nggak ya? Karena saya hanya user, bukan seller ^_^

Anyway, saya beli panci ini di Tokopedia. Produk yang saya dapat standar-standar aja. Panci 7 liter beserta tutupnya, dan buku resep. Maklumlah murah. Dibanding panci tipe Ruby yang harganya masih dua jutaan.


Kardus Panci ISA Econo
Kardus Panci ISA Econo

Satu set panci ISA Econo + buku resep
Satu set panci ISA Econo + buku resep

Tapi karena Ruby produk barunya ISA, kadang masih sering juga diberikan promo-promo. Misalnya beli panci, nanti dapat steamer, atau wok pan, kadang beli panci ukuran besar, dapat gratis ukuran kecil, dll. Satu set Ruby yang didapat, sudah termasuk timer & tutup kaca.

Nah, siapa yang berminat beli panci presto ISA Ruby? Ini salah satu peralatan dapur wajib punya kalau menurut saya. Masak jadi cepat. Yang paling penting daging cepet empuk ... ahh love banget ^_^


No comments:

Post a Comment