Tuesday, September 2, 2014

Saat JEMBER Tak Lagi JEMBEL

Absurd? Iya memang. Ini judul postingan terabsurd di dunia!

Sebelumnya, gue mau mendefinisikan apa itu JEMBER?
Jember salah satu kota besar di Jawa Timur. Tempat kelahiran beberapa artis ibukota, seperti Anang, Dewi Persik, Sujiwo Tejo, serta Opick.

Waktu lebaran kemarin, gue dan keluarga menyempatkan diri ke rumah keluarga ibu di Al Furqon Jember. Kita bermalam di Hotel Safari yang udaranya segar. 

Tapi, sebetulnya gue bukan mau cerita tentang Jember. Tapi tentang Sabrina yang kini tak lagi cadel. Yippie..
Sabrina sekarang usianya 2 tahun 5 bulan, dan sudah fasih bilang Rrrrrrrr..... Jadi Jember nggak lagi disebut Jembel sama dia.

Ingat waktu pertama kali Sabrina bicara, kata pertamanya adalah "Nanti jatoh", bukan "Mama" atau "Abah". Biar begitu tetep bikin hati ini seperti naik trampolin, melambung-lambung sampai angkasa. Apalagi sekarang, dia sudah bisa menyebutkan semua huruf abjad dalam kalimat-kalimatnya dengan benar.

"Perrrrmisi, Abah!" saat si Abah menghalangi jalannya masuk kamar, atau
"Sebentarrrrr, Ma. Sabrrrrina lagi rrrrapi-rrrrapi berrrras dulu," saat gue nyuruh dia berhenti acak-acakin beras, dan butirannya berjatuhan di ubin, atau
"Bismirrrahirrrohman nirrrohim...." "ArrrahouAkbarrrr"

I know, i know, dia memang belum bisa membedakan huruf L dan R. Jadi semua kata dengan unsur L, dia sebut R. Sebagai ibu yang bijak, gue musti lebih jeli dengerin tiap suku katanya, dan membenarkan.

Kadang Lari-Lari, jadi Rari-Rari. Lupa, jadi Rupa. Kulkas, jadi Kurkas. Oom Hekel, jadi Oom Heker. Ahaha....

Udah gitu, pengucapan Rrrrrr-nya itu loh yang bikin gemes. Ada penekanan di setiap huruf, seakan-akan ingin menunjukkan skill terbarunya pada semua orang.

Well, Si Mungil itu kini sudah lebih pinter, sudah pantaslah punya adik. Dan, sepertinya sudah bisa gantiin popok adik bayi-nya nanti.
Loh?! hehehe... 




No comments:

Post a Comment