Wednesday, May 29, 2013

The Host

The Host, yang diangkat dari novel karya Stephanie Mayer, bergenre science fiction dengan bumbu-bumbu drama roman. Plot-nya serupa dengan novel buatannya yang juga sudah difilmkan, yaitu Twilight Saga.

Bercerita tentang ras manusia pada masa depan saat "dijajah" oleh alien. Alien-alien yang berbentuk seperti ubur-ubur akan merayap masuk melalui leher belakang, dan menempel di batang otak, memerintah tubuh manusia untuk melakukan apa yang ia kehendaki. Sedangkan si manusia - empunya tubuh - tidak memiliki kontrol apapun atas tubuhnya. Terpenjara di tubuh sendiri.

Seorang gadis muda Melanie Stryder, yang sudah kehilangan kedua orangtuanya, sedang mencoba melarikan diri, saat tubuhnya akan dibius untuk disusupi alien, bernama Wanderer, nama panggilannya Wanda.

Saat Wanda berhasil masuk ke tubuh Melanie, ia menyadari bahwa manusia adalah makhluk dengan cinta kasih dan pengharapan yang tidak layak dijajah. Walaupun menurut bangsa Alien, manusia sudah seharusnya dikontrol oleh mereka. Sebab alien merasa lebih bijak dan modern dibandingkan dengan manusia yang gemar berperang.

Wanda pun berjanji pada Melanie akan berusaha mencari adiknya yang hilang, Jamie, serta kekasihnya Jared. Singkat cerita, Wanda "beserta" Melanie pergi mencari sekelompok manusia yang tinggal di daerah gurun pasir. Dipimpin oleh Paman Jeb, kelompok manusia hidup tenteram tanpa dibayang-bayangi oleh ras alien. Jamie & Jared pun menetap di sana bersama mereka.

Jared, Melanie & Jamie

Kedatangan Wanda & Melanie di dalam satu tubuh membuat geram kelompok itu. Mereka tidak menyadari bahwa Melanie masih hidup di dalam tubuhnya. Wanda pun menjadi bulan-bulanan.

Paman Jeb membela Wanda, dan membolehkan Wanda untuk tinggal di sana juga. Karena kelembutan hati Wanda, seorang pemuda bernama Ian O'Shea jatuh cinta padanya.

Ian & Wanda

Cinta segitiga pun terjadi antara tubuh Melanie, Jared dan Ian. Plot yang serupa dengan twilight.

Anyway, filmnya biasa aja kalo menurut gue, apa karena penggarapannya yang kurang maksimal, jadi film ini kurang nendang. Nilainya 6-lah dari 10.

Kisah tentang alien yang menyusup di otak manusia, sebelum film ini muncul, gue pernah baca novel versi lainnya waktu SMP dulu: Animorphs, karangan K.A. Applegate. Cerita tentang lima anak manusia yang diberikan kekuatan super oleh Pangeran Elfangor, dari ras Andalite. Mereka mampu mengubah diri mereka menjadi mahkluk hidup apa saja, mulai dari beruang, semut, rajawali, gajah, kecoa, dll.
Mereka ada untuk memerangi bangsa Yeerk, yang menyusup ke otak manusia melalui telinga. Dan Yeerk ini mengontrol secara utuh tubuh inangnya. Ceritanya lebih seru dan menegangkan.

Animorphs, buku pertama

No comments:

Post a Comment