Tuesday, May 7, 2013

Saya Sekarang Perhitungan sama Kalori

You are what you eat. Pernah denger nggak sih kata-kata itu? Kamu adalah apa-apa yang kamu makan. Jadi setiap hari sel-sel tubuh kita yang mati, akan digantikan oleh sel-sel baru yang dibentuk dari makanan yang kita makan sehari-hari. Sebetulnya kita sendirilah yang menentukan ingin menjadi apa diri kita nanti (yang terdiri dari jutaan sel). Mau punya sel-sel yang sehat, maka asupan makanan juga harus sehat. Kalo makannya junk food melulu, sel-sel tubuh kita juga jadi junk cell.

Sebelum gue hitung-hitungan jumlah kalori dalam makanan yang akan gue makan, perlu hitung dulu kira-kira berapa sih kebutuhan kalori harian gue? Rumus berikut gue dapat dari duniafitnes.com, dari personal trainer bernama Danny Santosso. Sebetulnya begitu kita daftarin email kita di web-nya, akan dikirimkan ebook, nah rumus ini ada di dalam ebook itu, tapi biar deh gue sharing di blog sedikit.



Rumus untuk menghitung Basal Metabolic Rate (BMR) atau Metabolisme Tubuh




Tingkat Aktivitas, kalo gue masuknya Porsi Aktivitas Ringan, nilainya 1.5


Contoh untuk hitung-hitungan, namanya Sri. Yuk ngitung juga.

Nah, setelah hitung-hitungan pake rumus-rumus di atas, didapatlah kebutuhan kalori gue per hari 2239.5 kalori, kita buletin deh jadi 2240 kalori.
Kalo mau ngurusin badan, kita harus kurangi jumlah kalori sebanyak 500 kalori per hari. Jadi cuma 1740 kalori, ini dibagi menjadi 6 kali makan. 3 kali makan besar (breakfast, lunch, dinner, dengan porsi kecil-kecil), dan 3 kali snack ringan (jam 10, jam 4 sore, sama sebelum tidur), pernah juga gue bahas di sini (lebih lengkap cin). Atau bisa juga kita bakar ke 500 kalori dengan berolahraga, tapi porsi kalori kita tetap.

Di web-nya Danny Santoso juga sudah disediakan Tabel Nutrisi, lumayan lengkap, ada sekitar 200an jenis makanan & minuman.

Sebetulnya sih, ini bukan cuma soal kurus-kurusin badan aja, tapi lebih ke pola hidup sehat. Jadi, jangan terlalu dibikin pusing. Next, gue akan membahas soal olahraga apa aja yang gue lakukan selama sebulan terakhir. Kata temen-temen gue sih sekarang gue lebih kurusan loh, dan kata tante gue, badan gue sekarang lebih kecil, dulu kan kayak raksasa hahaha... ha..

(anyway, FYI, gue udah berhasil turun 2 kilo nih dalam waktu sebulan lebih 2 minggu, sekarang berat badan gue 70 kilo)

Salam Perhitungan sama Kalori.


No comments:

Post a Comment