Thursday, May 24, 2018

Review Foundation 2-in-1 Milani & Findation.com

Holla..

Sejauh ini saya sudah mencoba dua merk foundationKryolan (yang shades-nya terlalu terang) dan Maybelline (shades-nya alhamdulillah cocok, karena beli langsung di counter).

Gegara nonton Female Daily Youtube Channel, episode Top 10 Drugstore Foundation, saya teracuni oleh Ochell (salah satu host-nya). Jadi, Ochell ini, yang juga memiliki kulit berminyak, menyebutkan beberapa foundie drugstore favoritnya, salah satunya Milani. Dia menyebutkan beberapa keunggulan alas bedak Milani, seperti tekstur yang kental tapi blend-able, hasil akhir mattefull coverage, gampang dicari, harga murah dan ada pump-nya.

Hal itu sudah cukup membuat saya penasaran banget, dan langsung mencari barangnya di Tokopedia. Tapi bingung juga menentukan shades apa kira-kira yang pas, takut salah beli lagi. Jadilah, saya menyambangi findation.com >>> thanks to Female Daily yang sudah berbagi info penting ini.

Sebelum kita balik lagi ke Milani, saya ingin membahas sedikit tentang findation.com. Web yang dibuat sejak 2012 ini merupakan global project yang memiliki database cukup besar berisi aneka shades foundation berbagai brand. Beralamat di Australia, dan aplikasinya: Find My Shades sudah digunakan oleh Sephora dan Adore Beauty.

Findation mengklaim sudah membantu banyak orang menemukan shades yang cocok untuk mereka, tanpa harus swatches foundie ke tangan. Yup... saya salah satunya, hehe...

Di halaman depan Findation, ada sambutan berikut:
You know your foundation shade in [merk foundie]
...find your match in [merk foundie]
Get Started ⇒

Halaman muka findation.com

Setelah klik tombol biru itu, kita akan digiring ke halaman berikutnya:

Halaman kedua findation.com


Nah, di halaman ini kita harus input merk foundation yang pernah dipakai, step kedua & ketiga: menginput produk serta shades keluaran dari merk tersebut. Idealnya minimal dua produk kita sebutkan, biar hasilnya akurat. Tapi berhubung foundie yang cocok dengan saya baru satu aja (si Maybelline itu), jadi ya sudahlah... hasilnya sebagai berikut:

Hasil rekomendasi findation.com

Perhatiin deh, di database yang disuguhkan oleh findation.com, bukan hanya merk drugstore tapi juga dari highend. Setelah Milani, masih panjang daftar complexion di bawahnya: foundation, concealer, BB Cream, hingga pressed powder. Sayangnya, merk-merk yang muncul masih didominasi oleh brand luar, sedangkan produk dalam negeri belum semua masuk (saya pernah direkomendasikan merk Make Over, ketika mencoba input dua produk: Maybelline dan Milani).

OK, setelah pembahasan (yang ternyata panjang) tentang findation.com, mari kita kembali ke Milani.

Akhirnya Milani Conceal + Perfect 2-in-1 Foundation + Concealer, shade 09 Tan adalah pilihan saya. Cuss... langsung order di Tokopedia, seharga Rp.140.000,-.

Milani Conceal + Perfect 2-in-1 Foundation + Concealer, shade Tan

Hadir dalam kemasan slim, botol kaca, tutup plastik, dan pump. Dilihat dari kemasan saja, memang Milani ini tampak seperti foundation mahal. Dan, pump-nya itu menurut saya istimewa, karena dalam sekali pumping, mampu mengeluarkan produk dengan ukuran yang ideal.

Teksturnya kental, tapi mudah di-blend dan teramat ringan di kulit. Untuk coverage, masih tergolong sedang-sedang saja, karena tanda lahir di hidung saya tidak ter-cover sempurna. Tapi mungkin bisa menjadi full coverage jika menggunakan tiga pump sekaligus.

Hasil akhir matte, cocok banget buat muka oily, tapi tetap mesti di-set dengan loose powder. Uji ketahanan terhadap minyak hingga 4 - 5 jam. Setelah itu, wajah saya tetap harus berurusan dengan oil paper.

Karena biasanya saya hanya membutuhkan satu pump untuk ngantor sehari-hari, jadi tidak tampak cakey. Entah jika dua atau tiga pump, mengingat kekentalan dari produk ini.

Oksidasi ada, tapi tidak separah Maybelline Fit Me Matte+Poreless. Untuk meminimalisir oksidasi, saya campur penggunaan foundie antara Milani dengan Kryolan di area-area tertentu.



Untuk area luar wajah, dan pinggir hidung, saya gunakan Milani. Dan, untuk area tengah wajah (yang butuh diterangkan secara hakiki), saya gunakan Kryolan sebagai ganti concealer (ada untungnya juga salah beli shades waktu itu ya, hehe..).

Keunggulan:
  • Harga terjangkau
  • Kemasan bagus disertai pump
  • Tekstur kental, blend-able, dan ringan
  • Medium to full coverage
  • Tahan minyak 4 - 5 jam

Kekurangan:
  • Oksidasi sedikit
  • Produk beraroma menyengat
  • Hanya tersedia di online store >>> kunjungi findation.com supaya tidak salah shades

Demikian review foundation Milani dan findation.com. Semoga bermanfaat ^_^

No comments:

Post a Comment