Thursday, January 3, 2013

Pengalaman ASI setelah 9 bulan berjalan

Sebelum Sabrina lahir, gue udah positip banget bakalan ngasih ASI buat dia, terinspirasi sama temen kantor, anaknya jadi seger, lincah, pinter, jarang sakit, dll.
Jadi sebelum kelahirannya, gue udah punya satu folder khusus yang membahas tentang per-ASI-an, hasil googling dan gabung di milis ASI For Baby. Semangat gue buat menyusui Sabrina full 6 bulan & lanjut sampe 2 tahun, betul-betul kyk semangat orang gila. Gue sampe mau nuntut klinik bersalin gue nanti kalo sampe sabrina dikasih minum sufor, apapun merk-nya.
Gue juga meminta room-in buat gue dan Sabrina, alhasil gue nggak bisa tidur waktu malam pertama bersama baby. Nangis semaleman, gue nggak bisa gendong bayi waktu itu, masih kaku, takut bayinya kepelintir, trus salah urat. Udah gitu, gue masih lemes, jahitan gue juga masih berasa nyeri. Jadi gue mengandalkan suami untuk menggendong sampe Sabrina tidur. Terima kasih Fahmiku tercinta.
Gue juga ngerasain baby blues, walaupun kadarnya dikit. Bawaannya pengen nangis, berasanya kasihan banget sama Sabrina yang masih mungil itu. Gue juga merasa bukan ibu yang baik buat dia. Gue nggak bisa mandiin sabrina, nggak bisa jemur, nggak bisa pakein bedong, nggak bisa ganti popok, nggak bisa ini, nggak bisa itu. Semua adalah hal baru. Sama sekali asing buat gue.

Tapi itu belum seberapa, ada lagi yang menyakitkan, yaitu menyusui. Ternyata menyusui yang sebelumnya gue puja-puja, tidak segampang yang gue bayangkan. Puting gue lecet. Kenapa? Karena posisi latch-nya belum bener, kalo kata orang-orang sih, lidah bayi masih kasar, jadi pasti bisa melukai puting. Tapi walau begitu, gue tetep memaksakan puting gue bekerja, karena memang diciptakan untuk mengalirkan susu ke perut Sabrina. Jadi biar perih-perih gimana gitu, gue tutup mata aja. Menikmati.
Sampai saat dimana gue harus mulai pumping untuk menabung ASI. Sensasi pertama kali pumping itu, bagai sumsum disedot paksa keluar dari tulang-tulang. Waktu itu gue juga mencoba menikmati masa-masa pumping sambil nonton drama korea di TV. Sabrina tidur pules di kamar, tapi gue menegakkan daun telinga siaga penuh kalau-kalau dia tiba-tiba nangis. Hasil pumping pertama dikit banget, kanan-kiri cuma dapet 20 ml. itu udah 30 menit sesi pumping.
Pumping hari kedua, crot.. keluar darah, ASI yang udah masuk di botol, jadi berwarna pinky. Mau nggak mau harus gue buang. Sampe 2 hari selanjutnya, payudara kiri gue istirahatkan dari sesi pumping. Tapi menyusui tetap berjalan seperti biasa.

Alhamdulillah masa-masa awal menyusui yang sulit sudah terlewati. Sekarang, setelah 9 bulan berjalan, alhamdulillah Sabrina jarang sakit, kalaupun sakit, cepet sembuhnya, nafsu makannya tergolong normal, dan suka makan apa aja, nggak ada bosennya walau menunya sama 3 hari berturut-turut, daya ingin tahunya besar sekali, dan begitu dapet sesuatu yang baru, serius banget mempelajarinya sampe iler ngeces-ngeces.

Bukan cuma itu, nikmat menyusui ada pada saat gue memeluk buah hati, dan dia minum sampai kenyang, bahkan kadang terbatuk-batuk saat LDR, kemudian tidur di pelukan gue, mukanya teler. Sabrina itu nggak bisa jauh-jauh dari mamanya. gue ke kamar mandi aja, dia nangis teriak-teriak nggak mau ditinggal. Begitu gue pulang dari kantor, sehabis mandi, dan sebelum menyusui, dia mencium payudara gue sebelah kanan lalu kiri, baru deh nenen. Sabrina betul-betul bayi yang romantiz.
Itu sedikit pengalaman ASI setelah 9 bulan berjalan antara gue dan bayi perempuan kecil mungil yang manis dan very very cute bernama Sabrina.

No comments:

Post a Comment