Tuesday, April 30, 2019

“Engkau jangan marah!”

Saya mau curhat sedikit ya di blog ini. Hati lagi gundah gulana. Merasa berdosa dan penyesalan tiada hingga T_T

Jadi, semalam, pas rapiin buku Sabrina buat sekolah besok (kelas 1 SD). Saya kan selalu perhatikan buku tulis dan buku paketnya satu per satu. Takutnya ada PR, atau catatan dari ibu guru, sekaligus saya bisa memantau materi apa saja yang baru dipelajari di sekolah.

Ada satu buku tulis Tema (Tema ini pelajaran Tematik, yang pelajarannya campur-campur: Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PKN, Olahraga, dan Kesenian), nah, buku tulis Tema ini saya pilihkan yang lumayan tebal, karena itu tadi, pelajarannya banyak.

Buku tulis Tema baru diganti, buku saat semester pertama sudah penuh sampai lembar terakhir. Semester kedua, saya bawakan buku tulis yang baru. Tebal, bersih, dan sampulnya masih segar.

Buku tulis Tema yang baru, saya perhatikan kok semakin tipis ya dari hari ke hari? Saya juga beberapa kali menemukan di tas, ada saja lembaran kertas polos yang dicopot dari tengah buku. Kertas-kertas polos ini dikreasikan sedemikian rupa oleh Sabrina, kadang menjadi dompet kertas atau kipas, kadang dia gambar-gambar di kertas itu, keseringan sih corat-coret nggak jelas. 

Semalam nih, saya sudah berencana mau tegur Sabrina, kenapa buku tulis Tema dijadikan mainan? Tapi sepertinya teguran saya kelewatan, malah berujung omelan. "Kan sayang kak, kertasnya dimainin! Jadi tipis begini! Lihat nih, jadi tinggal 10 lembar sisanya! Nanti Sabrina mau nulis pelajaran dimana kalo bukunya habis?! bla.. bla.. bla.." Tanpa sempat mendengar pembelaan dari dia.

Saya melihat bukti yang terselip di dalam tasnya, ada empat lembar kertas yang disia-sia. Dua kosong, dengan keadaan sudah remuk dan dibikin bola. Sedangkan dua lembar lagi, saya menemukan surat cinta buatan Sabrina, untuk saya T_T

Omelan saya melemah seketika. Selesai membaca, saya melihat raut sedih di wajahnya. Ya Allah... ibu macam apa aku ini? Belum apa-apa sudah ngomel duluan.

Sabrina beringsut ke kamar, mengendapkan wajahnya di bantal, mencoba meredam tangis. Saya masuk sambil menahan air mata, dan memeluknya. Saya minta maaf sejadinya. "Maafin Mama ya Sayang. Mama nggak tahu kalau Sabrina nulis puisi buat Mama. Puisinya bagus."

Pelajaran moral buat para ibu, terutama sekali buat saya >>> please tahan amarah!

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu bahwa ada seorang laki-laki berkata kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam: “Berilah aku wasiat”. Beliau menjawab, “Engkau jangan marah!” Orang itu mengulangi permintaannya berulang-ulang, kemudian Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Engkau jangan marah!” [HR al-Bukhâri].


Surat Cinta dari Sabrina
Mama aku sayang Mama
Aku cinta sama Mama
Aku rindu Mama
Aku baik Aku janji apa omongan Mama
Kita ini keluarga Big Family
Sayang Mama Aku sampe nangis
Mama aku mau belajar terus biar pinter / biar naik kelas 2

Surat Cinta dari Sabrina
I Love u ❤ Mama

Saya sudah tulis surat cinta balasan buat Sabrina. Besok saya mau selipkan di tasnya. I ❤ you sayang, anak sholehah Mama XOXO.


“Engkau jangan marah!”

No comments:

Post a Comment