Saturday, September 15, 2018

Small Great Things - Jodi Picoult (Segera Diangkat Ke Layar Lebar)

Small Great Things - Jodi Picoult
Genre:
Fiction
Author:
Jodi Picoult


Ini buku ketiga dari Jodi Picoult yang pernah saya baca (dua buku lainnya yang sudah difilm-kan juga: My Sister's Keeper & The Plain Truth). Small Great Things juga sedang dibuat filmnya, dengan dua aktris Hollywood tersohor yang akan memerankannya: Viola Davis & Julia Roberts.

Buku ini bercerita mengenai Ruth Jefferson, seorang bidan perawat berkulit hitam. Selama hidupnya Ruth berusaha menjadi orang yang sempurna: dalam pendidikannya, kariernya, lingkungannya, dan caranya mendidik anak. Ia ingin menjauhi gaya hidup orang kulit hitam pada umumnya, yang menurutnya jarang sukses. Ia lebih memilih untuk hidup dan berbaur bersama kulit putih.

Di rumah sakit tempatnya bekerja, Ruth menjadi satu-satunya bidan keturunan Afrika-Amerika. Bekerja profesional selama puluhan tahun. Sampai tiba waktunya, ia dicegah untuk merawat seorang bayi baru lahir: Davis Bauer, anak dari pasangan Turk & Brittany Bauer, hanya dengan satu alasan: Ruth bukan berkulit putih.

Viola Davis & Julia Roberts

Hal ini membuat Ruth menjadi kesal. Apalagi saat Turk Bauer, sang ayah mempertontonkan tato yang membuktikan dengan jelas bahwa ia adalah member dari supremasi kulit putih. Sekelompok orang rasis yang membenci kulit berwarna secara brutal.

Ruth tidak dendam pada bayi Davis, ia hanya sial berada di tempat dan waktu yang tidak tepat. Bayi Davis tiba-tiba mengalami kesulitan napas, sampai kulitnya membiru. Ruth melakukan apa saja yang bisa ia lakukan untuk menyelamatkan nyawanya, padahal ia sudah dilarang oleh sang atasan untuk menyentuh Davis.

Usaha yang ia lakukan sia-sia, Davis meninggal, dan orangtuanya melihat tangan Ruth menyentuh bayi mereka. Dituduhlah Ruth melakukan pembunuhan dengan motif dendam.

Drama rumah sakit dibawa dengan sangat halus sampai ke ruang sidang oleh Jodi. Penulis benar-benar serius dalam melakukan riset tentang segala hal, mulai dari kehidupan warga kulit hitam di Amerika, tentang supremasi kulit putih, rasisme dan dunia pengadilan. Hingga tulisannya sangat padat informasi dan membawa begitu banyak pesan positif.

Belum lagi drama keluarga (khususnya ibu dengan anak, atau ayah dengan bayi barunya) sukses membuat saya mengharu biru.

Dan, seperti dua novel sebelumnya, yang saya tunggu-tunggu: twist di bab-bab akhir. Tidak menyangka akan seperti itu endingnya, mengejutkan sekali. Sepertinya saya akan menobatkan Jodi Picoult sebagai Ratu Twist Sedunia. Mantap!

Saya sangat menunggu filmnya dirilis ^_^

1 comment:

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ajoqq^^com
    mau dapat penghasil4n dengan cara lebih mudah....
    mari segera bergabung dengan kami.....
    di ajopk.biz...^_~
    segera di add Whatshapp : +855969190856

    ReplyDelete